Resep Masakan

Resep Pizza Teflon Kilat Tanpa Ulen Tanpa Proofing

 

Siapa nih yang suka makan pizza?

Yuk, bikin pizza sendiri di rumah! Gak ada oven? Bisa kok, cukup pakai pan teflon aja, kalau bisa yang agak tebal ya, biar gak cepat gosong. Ini ada resep pizza teflon kilat tanpa ulen tanpa proofing, resep dari chef Devina Hermawan.

Untuk toppingnya, di resep ini chef Devina memakai sarden ya, teman-teman bisa pakai topping apapun sesuai bahan yang ada di rumah.  Kalau pengin coba bikin persis seperti chef Devina, ini kutuliskan resep lengkap beserta tips & trik dari chef Devina.

 

 

bahan membuat pizza teflon

 

Resep Pizza Teflon (untuk 2 loyang / 6 porsi)

Bahan adonan:

135 gr / ml air hangat

7 gr ragi

7 gr gula pasir

¾ sdt garam

1 ½ sdm olive oil

1 sdm madu

250 gr tepung protein sedang

Bahan topping:

3 siung bawang putih, iris

1 siung bawang bombai, iris

100 gr jamur shitake, iris

2 sdm minyak

1 kaleng Sarden Yamato

10 cabai rawit, iris

2 sdm saus sambal

4 sdm saus tomat

Bahan lainnya:

120 gr keju mozarella parut

2 buah black olive

2 sdm olive oil

 

Cara membuat:

  1. Aduk air hangat, ragi, dan gula pasir hingga rata lalu diamkan hingga berbuih.
  2. Masukkan garam, madu, dan olive oil lalu aduk rata.
  3. Tambahkan tepung terigu, aduk hingga semua menyatu.
  4. Alasi permukaan talenan atau meja dengan minyak. Bagi dua adonan sama rata kemudian pipihkan dengan rolling pin seukuran pan yang akan digunakan
  5. Untuk topping pizza: tumis bawang putih, bawang bombai, dan jamur hingga wangi. Masukkan Sarden Yamato, cabai rawit, saus sambal, dan saus tomat. Masak hingga mengental.
  6. Panaskan teflon di api sedang, olesi dengan minyak lalu panggang satu sisi pizza hingga matang
  7. Balikkan pizza, kecilkan api, lalu beri topping sarden dan keju mozarella. Tutup dan masak hingga pizza matang.
  8. Jika ingin menggunakan oven: Olesi loyang pizza dengan minyak lalu taruh adonan pizza di atasnya. Beri topping sarden, mozarella, bawang bombai, black olive, dan sedikit olive oil. Panggang di suhu 220°C selama 8-12 menit.

Tips & Trik:

  • Campur garam setelah ragi aktif karena garam dapat membuat ragi mati jika dicampur bersamaan.
  • Jika adonan lengket, beri sedikit minyak pada talenan dan rolling pin.
  • Ketebalan pizza sesuai selera, bebas  mau tipis apa tebal.
  • Dorong adonan dari tengah menuju luar agar membentuk bagian crust pinggiran pizza.
  • Gunakan tutup pan atau loyang agar adonan dapat mengembang.
  • Panggang salah satu sisi sampai kecoklatan (panggang bagian atasnya dulu) lalu panggang sisi lainnya.
  • Kecilkan api setelah pizza dibalik agar gak gosong saat diberi topping.

 

Seperti yang dikatakan chef Devina, pizza kalau kurang kering gak enak, kurang ada aromanya. Pizza ini luarnya garing *tapi dalemnya masih empuk. Pizza yang kering ini seperti ciri wood fired pizza yang enak. Wood fired pizza dipanggang menggunakan oven konvensional yang masih menggunakan arang kayu *duh jadi ngebayangin aromanya, pasti bikin laper hahaha.

Baca juga: Pizza Tebal VS Pizza Tipis, Pilih Mana?

 

 

Aku pakai pan teflon anti lengket, untuk tutupnya aku pakai tutup dandang biasa karena pan ini memang gak ada tutupnya 🙂

 

 

Aku sudah 2 kali membuat pizza teflon ini, yang pertama, pakai topping sosis, daging cincang, saus bolognese dan kejunya pakai keju cheddar biasa karena gak punya mozarella. Bikin yang kedua, baru pakai mozarella. Topping lainnya sama sih, sosis dan daging cincang, sausnya pakai saus tomat biasa. Buat yang suka pedas, bisa ditambahkan saus sambal juga. Aku memang sengaja gak pakai karena ada anakku yang gak bisa makan pedas.

 

 

resep pizza teflon kilat tanpa ulen tanpa proofing

 

resep pizza teflon kilat tanpa ulen tanpa proofing

 

Membentuk adonannya gak rapi, melengkung gak karuan ini, gak bisa bulat mulus hiks, yang penting jadi ya hahaha. Pizza teflon yang pakai keju mozarella rasanya lebih mantap, tapi harus langsung dimakan saat hangat, saat kejunya masih lumer.

 

Teman-teman yang gak punya oven tapi pengin bikin pizza, yuk cobain resep pizza teflon ini. Gak pake ribet, bikinnya cepet kok karena langsung panggang di teflon gak pakai proofing. Kalau pakai proofing mungkin hasilnya bakal lebih empuk lagi ya, tapi gini aja sudah enak kok 😀

 

 

 

46 Comments

  1. ainun April 7, 2021
    • Lianny April 10, 2021
  2. indah nuria April 8, 2021
    • Lianny April 10, 2021
  3. Andiyani Achmad April 8, 2021
    • Lianny April 10, 2021
  4. Susi Susilawati April 8, 2021
    • Lianny April 10, 2021
  5. Alfa Kurnia April 8, 2021
    • Lianny April 10, 2021
  6. Dian Restu Agustina April 8, 2021
    • Lianny April 10, 2021
  7. nurulrahma April 8, 2021
    • Lianny April 10, 2021
  8. diane April 8, 2021
    • Lianny April 10, 2021
  9. Ucig April 8, 2021
    • Lianny April 10, 2021
  10. Mugniar April 8, 2021
    • Lianny April 10, 2021
  11. Lisdha April 9, 2021
    • Lianny April 10, 2021
  12. Ophi Ziadah April 9, 2021
    • Lianny April 10, 2021
  13. Keke Naima April 9, 2021
    • Lianny April 10, 2021
  14. Juliastri Sn April 9, 2021
  15. Nanik Nara April 10, 2021
    • Lianny April 10, 2021
  16. Dian April 10, 2021
    • Lianny April 10, 2021
  17. Dedew April 10, 2021
    • Lianny April 13, 2021
  18. Rahmah April 10, 2021
    • Lianny April 13, 2021
  19. Utie adnu April 10, 2021
    • Lianny April 13, 2021
  20. Herva yulyanti April 10, 2021
    • Lianny April 13, 2021
    • Lianny April 13, 2021
  21. Nchie Hanie April 10, 2021
    • Lianny April 13, 2021
  22. Uniek Kaswarganti April 11, 2021
    • Lianny April 13, 2021

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.