Resep Masakan

Pizza Tebal VS Pizza Tipis, Pilih Mana?

 

Ini pertama kalinya aku bikin pizza. Yang sebelumnya pernah bikin, tapi pake roti tawar. Bikinnya gampang banget tinggal oles saos, kasih toping dan panggang sebentar.  Rasa pizza roti tawar nya enak, bikin ketagihan makan lagi hehe. Eeehhmm tapi pingin juga bikin adonan pizza sendiri. Nah, beberapa hari lalu si Mama Fira upload foto pizza yang bikin ngiler deh, pizza yang dipanggang tanpa oven. Jadi pingin bikin, ya sudah akhirnya dipraktekin deh meskipun di kulkas cuma ada  sosis dan keju mozzarella aja, nggak ada bawang bombay, paprika, jamur, daging cincang dan yang lainnya.

Untuk margarin aku pake blueband, tapi kucairkan dulu bentar dengan api kecil sebelum dicampur dengan bahan adonan lainnya. Takaran margarinnya juga kutambah dikit.

Adonan kubuat sewaktu anak-anak masih di sekolah, saat mereka pulang adonan pizza sudah mengembang. Kuajak kedua putriku untuk menggiling dan membentuk adonan pizza. Sebetulnya pingin kupanggang di wajan teflon biasa saja, biar praktis. Tapi karena nggak punya tutup wajannya, nggak jadi deh manggang adonan pizza pake wajan feflon. Akhirnya satu adonan kupanggang pake happy call dan satu adonan lagi pake oven tangkring.

 

 Resep Homemade Pizza  

Bahan adonan Roti : 300 gram tepung terigu 1 butir telur 100 ml air matang ½ sdm gula 1 sdt fermipan 50 gram margarin
Bahan topping : Sosis Keju mozzarella Saos tomat Saos BBQ

Cara membuat adonan pizza :

  1. Campur bahan-bahan untuk membuat adonan pizza dan uleni hingga kalis.
  2. Tutup wadah yang berisi adonan pizza tadi dengan plastik. Diamkan hingga mengembang. Kalau aku ini mengembangnya sekitar 2 jam.
  3. Sementara menunggu adonan pizza mengembang, siapkan bahan topping. Siapkan toping seperti sosis, daging cincang dll.
  4. Bahan olesan saos : Aku memakai saos BBQ dan saos tomat dengan perbandingan 3 sendok makan saos BBQ + 2 sendok makan saos tomat, campur rata. Nah kalau ini soal selera aja sih, suka banyak atau sedikit. Pakai saos tomat saja juga bisa.
  5. Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan lalu bagi menjadi dua bagian.
  6. Giling adonan memakai alat penggiling adonan, lalu letakkan di loyang.
  7. Olesi adonan pizza dengan saos dan tata topping di atasnya.
  8. Panggang hingga matang.
Sumber resep : http://www.astinastanti.com/2015/11/resep-membuat-pizza-tanpa-oven.html

 

Percobaan pertama, memanggang adonan pizza memakai happy call :

Adonan pertama ini, yang menggiling dan membentuk bulat adonannya adalah putri bungsuku. Setelah adonan dibentuk, masukkan adonan ke dalam happy call, olesi dengan saos dan tata topping di atas adonan. Tutup happy call dan panggang menggunakan api kecil.

 

 resep homemade pizzaMasukkan adonan pizza ke happy call

 

Sekitar 10 menit kubuka tutup happy callnya. Wow, itu adonan yang kukira sudah tipis, ternyata mengembang jadi agak tebal lho.  Keju mozarellanya sudah leleh dan bagian bawah adonan kuintip sudah agak kecoklatan.

 

resep pizza happy callAdonannya ternyata jadi agak tebal

 

Sebetulnya pingin kupanggang beberapa menit lagi karena pinggiran adonannya terlihat masih agak putih, kurang kuning warnanya. Tapi karena takut gosong, ya sudah kuangkat sajalah dan berharap semoga dalamnya sudah matang. Syukurlah ternyata memang sudah matang.  Pizza ini begitu dipotong, sebentar sudah langsung ludes, keju mozarellanya kerasa banget deh. Enak.

 

pizza happy callTeksturnya empuk dan kejunya lumer banget hihi

 

Percobaan kedua, memanggang adonan pizza memakai oven tangkring :

Adonan pizza tadi kan dibagi dua, yang satu sudah kupanggang dengan happy call. Nah sisa adonannya ini kupanggang memakai oven tangkring. Kali ini putri sulungku yang menggiling dan membentuk adonannya. Adonannya sengaja dibikin lebih tipis dibanding yang pertama tadi dan bagian pinggir adonannya dibentuk agak lebih tinggi.  Setelah itu adonan diletakkan di loyang dan masukkan oven. Loyangnya aku pake loyang untuk membuat kue kering.

 

cara membuat pizzabentuknya nggak bulet hihi, adonan dibuat tipis dan pinggirnya dibuat agak tinggi

 

Sekitar 20 menit sebetulnya kejunya sudah leleh dan pinggiran pizza sudah agak kekuningan, tapi bawahnya msih belum. Mau kuangkat saja karena takut keju meluber ke loyang, tapi kata putriku nggak akan meluber, itu kan pinggir adonan pizza dibuat agak tinggi. Eh iya, bener juga yah, akhirnya nunggu 10 menit lagi baru kuangkat pizzanya.

 

resep pizzaJadi juga pizza yang dioven ini, kejunya sudah meleleh dan kecokelatan

 

Pizza yang kedua ini kejunya jadi kecoklatan, terasa gurih. Sama deh dengan pizza adonan pertama, begitu dipotong langsung ludes dimakan anak-anak hihihi. Kalau papa mamanya sih cukup icip setengah potong aja pizza pertama dan pizza kedua tadi, pingin tau aja rasanya seperti apa.

Jadi pingin buat pizza lagi kapan-kapan, dengan topping dan adonan pizza yang berbeda 🙂

 

pizza tebal vs pizza tipis, pilih mana?Tekstur pizza kali ini renyah dan gurih

 

Pizza Tebal VS Pizza Tipis, Pilih Mana?

Saat pertanyaan itu kuajukan ke anak-anak, si sulung langsung jawab kalau dia suka pizza yang tipis. “Jelaslah, kan aku yang menggiling dan membentuk adonannya,” katanya.  Nah, kalo kata dua anakku yang lain sih, semuanya suka. Aku sendiri sebetulnya lebih suka pizza pertama yang agak tebal, empuk dan keju lelehnya masih teras lumernya. Hhhmm tapi pizza kedua yang tipis terasa renyah dan kejunya gurih juga enak. Jadi pilih mana? Dua-duanya deh hahaha.

 

Penasaran dengan pizza tipis dan pizza yang tebal, akhirnya googling. Ternyata, pizza dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :

Pizza Italia

  • Roti pizza Italia adonannya tipis dan lebih kecil ukurannya, teksturnya renyah.
  • Pizza Italia biasanya lebih spesifik toppingnya, jadi hanya satu.  Kalau cheese pizza ya isinya hanya cheese, kalau sosis, ya sosis semua nggak dicampur dengan yang lain.
  • Pizza Italia biasanya menggunakan tomat segar, minyak zaitun, bawang putih, dan oregano sebagai pengganti saus tomat untuk topping.

 

Pizza Amerika

  • Roti pizza Amerika adonannya agak tebal dan porsinya cukup besar, teksturnya empuk seperti roti.
  • Pizza Amerika menggunakan topping campuran dalam satu menu, seperti sosis, pepperoni, bacon, beef, cheese, semuanya dicampur.
  • Pizza Italia biasanya menggunakan saus tomat.

 

Sebenarnya, pizza masuk ke Indonesia sejak akhir abad ke-20. Ketua Umum Indonesian Chef Association Perwakilan Jakarta, Setiyanto mengatakan, pizza masuk di Indonesia sejak tahun 1980-an. Saat itu pizza yang masuk adalah pizza dari Amerika, bukan Italia.

Pizza tersebut dibawa oleh salah satu restoran pizza ternama dan tertua di Indonesia. Sejak saat itulah pizza menjadi salah satu alternatif makanan di Indonesia.

(Sumber CNN Indonesia)

Teman-teman suka pizza tebal atau pizza tipis? Share dong 🙂

45 Comments

  1. Ceritaeka November 27, 2015
    • Lianny November 29, 2015
  2. Dwi Puspita Nurmalinda November 27, 2015
    • Lianny November 29, 2015
  3. Hairi Yanti November 27, 2015
    • Lianny November 29, 2015
  4. Noe November 27, 2015
    • Lianny November 28, 2015
  5. mawi wijna November 27, 2015
    • Lianny November 28, 2015
  6. Intan Novriza Kamala Sari November 28, 2015
    • Lianny November 28, 2015
  7. riawani elyta November 28, 2015
    • Lianny November 28, 2015
  8. Flower Photo November 28, 2015
    • Lianny November 28, 2015
      • Free Photos December 3, 2015
        • Lianny December 3, 2015
  9. Ranny November 28, 2015
    • Astin Astanti November 29, 2015
      • Lianny November 29, 2015
    • Lianny November 29, 2015
  10. Astin Astanti November 29, 2015
    • Lianny November 29, 2015
  11. fanny fristhika nila November 29, 2015
    • Lianny November 30, 2015
  12. Turiscantik November 30, 2015
    • Lianny November 30, 2015
  13. Papapz November 30, 2015
    • Lianny November 30, 2015
      • Papapz November 30, 2015
        • Lianny November 30, 2015
  14. Indah nuria savitri December 1, 2015
    • Lianny December 1, 2015
  15. Lidya December 2, 2015
    • Lianny December 2, 2015
  16. Silviana Noerita December 2, 2015
    • Lianny December 2, 2015
  17. Rahmah Chemist December 2, 2015
    • Lianny December 3, 2015
  18. Pingback: Kejutan! - Lianny HendrawatiLianny Hendrawati December 23, 2015
  19. Indri rahayu October 2, 2016
    • Lianny October 4, 2016
  20. Harry Nisar March 14, 2017
  21. Adista March 8, 2018
    • Lianny March 10, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.