Resep Masakan

Resep Brownies Kukus Amanda Lembut 4 Telur

 

Beberapa hari lalu aku nyobain bikin brownies kukus gara-gara saat beberes bahan-bahan kue, baru nyadar kalau punya stok DCC 2 buah. Mau dibikin apa ya ini DCC? Udah kepikiran aja bikin brownies dan nemu tuh resep brownies kukus Amanda menggunakan 4 telur di youtube Asahid Tehyung. Langsung deh eksekusi!

 

bahan brownies kukus Amanda

 

Resep Brownies Kukus Amanda Lembut 4 Telur

Ukuran Loyang 18 x 18 cm

Bahan:

120 gr mentega

75 gr Dark Cooking Chocolate (DCC)

80 gr tepung terigu serbaguna (tepung terigu protein sedang)

1 sdt baking powder

35 gr cokelat bubuk

4 butir telur, kocok lepas

150 gr gula pasir

1 sdt vanila bubuk

1 sdm pengemulsi (sp)

50 ml kental manis cokelat + sedikit pasta cokelat

 

Cara membuat:

  1. Masukkan DCC dan mentega dalam panci, lelehkan. Sisihkan dan dinginkan.
  2. Bahan kering: Campurkan tepung terigu, cokelat bubuk dan baking powder. Aduk rata.
  3. Dalam wadah lain, campurkan telur, gula dan vanila bubuk menggunakan mixer selama 10 menit. Kemudian tambahkan pengemulsi (SP). Kocok hingga menjadi putih dan kental.
  4. Tambahkan campuran bahan kering secara bertahap ke dalam adonan telur. Aduk balik menggunakan spatula.
  5. Terakhir, tambahkan mentega dan DCC yang sudah dilelehkan tadi. Aduk balik menggunakan spatula.
  6. Tuang separuh adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi cokelat bubuk. Kukus selama 10 menit. Note*: Panaskan dulu kukusan, alasi tutupnya dengan serbet agar uap air gak kena ke adonan saat mengukus.
  7. Untuk lapisan cokelatnya: Ambil 3-4 sdm sisa adonan. Campur dengan kental manis cokelat dan pasta cokelat.
  8. Tuang adonan lapisan cokelat ke atas adonan kukusan pertama. Kukus lagi selama 10 menit.
  9. Setelah lapisan kedua terbentuk, tuangkan sisa adonan di atasnya dan kukus selama 25 menit. Jadi total waktu pengukusan adalah 45 menit.
  10. Setelah brownies matang, dinginkan dan potong-potong brownies. Sajikan.

Baca juga: Resep Brownies Pisang Super Moist

 

Udah mulai nimbang-nimbang bahan, eeh ternyata stok mentega di rumah tinggal 80 gram, gak cukup bikin 1 resep ini hiks, akhirnya bikin setengah resep aja lah, pakai loyang brownies kecil.

Loyangnya aku alasi kertas roti kiri kanan seperti itu kok malah ribet ya, waktu dikukus tuh melengkung menutupi adonannya terus, padahal udah kuoles mentega. Akhirnya saat mau mengukus adonan terakhir, aku gunting tuh pinggir-pinggir kertas rotinya hahaha.  Kapan-kapan kalo bikin brownies lagi, mending oles mentega + cokelat bubuk aja 😀

 

brownies kukus amanda

 

Yeah, jadi juga brownies kukusnya! Ini motret asal aja deh, sudah ada yang gak sabar nungguin, pengin segera nyicipin browniesnya hihi.

 

brownies kukus amanda lembut

 

Browniesnya lembut, rasanya enak! Apakah rasanya mirip dengan brownies kukus Amanda asli? Nah, aku udah lama sih gak beli brownies kukus Amanda, udah 2 th an kalo gak salah, jadi udah agak-agak lupa rasa aslinya gimana 😀

Kalo dari komen-komen di youtube yang udah praktek resep ini, katanya sih mirip.  Mirip atau enggak, buatku yang penting rasanya enak! Karena kalo pengin mendekati mirip dengan aslinya sepertinya harus tau kan merek tiap bahan yang digunakan (mentega pakai merek apa, cokelat bubuk pakai merek apa dll).

 

resep brownies kukus amanda lembut 4 telur

 

Teman-teman lebih suka brownies kukus atau brownies panggang? Aku lebih suka brownies kukus seperti ini karena biasanya lebih lembut, cuma memang brownies panggang lebih tahan lama ya dibandingkan brownies kukus.

Yuk, yang penasaran dengan rasanya, langsung praktekin resep brownies kukus Amanda lembut 4 telur ini! Kalo sudah praktek, sharing ya, rasanya mirip gak sih dengan rasa brownies kukus Amanda aslinya 😀

 

81 Comments

  1. nurulrahma April 1, 2021
    • Lianny April 2, 2021
  2. Alfa Kurnia April 1, 2021
    • Lianny April 2, 2021
  3. Andiyani Achmad April 1, 2021
  4. Alaniadita April 1, 2021
    • Lianny April 2, 2021
  5. indah nuria April 1, 2021
    • Lianny April 2, 2021
  6. Husnul Khotimah April 1, 2021
    • Lianny April 2, 2021
  7. bunda asraf April 1, 2021
    • Lianny April 2, 2021
  8. Eni Rahayu April 2, 2021
    • Lianny April 2, 2021
  9. Ucig April 2, 2021
  10. Aswinda Utari April 2, 2021
    • Lianny April 5, 2021
  11. Nanik Nara April 2, 2021
    • Lianny April 5, 2021
  12. Dian April 3, 2021
    • Lianny April 5, 2021
  13. Helena April 3, 2021
    • Lianny April 5, 2021
  14. Herva yulyanti April 3, 2021
    • Lianny April 5, 2021
  15. diane April 3, 2021
    • Lianny April 5, 2021
  16. Nia Haryanto April 3, 2021
    • Lianny April 5, 2021
  17. Diah Agustina April 3, 2021
    • Lianny April 5, 2021
  18. Lina W. Sasmita April 3, 2021
    • Lianny April 5, 2021
    • Lianny April 5, 2021
  19. lendyagasshi April 4, 2021
  20. Nchie Haniw April 4, 2021
    • Lianny April 5, 2021
  21. Wian April 4, 2021
    • Lianny April 5, 2021
  22. Yurmawita April 4, 2021
    • Lianny April 5, 2021
  23. Hana Aina April 4, 2021
    • Lianny April 5, 2021
  24. @hm_zwan April 5, 2021
    • Lianny April 5, 2021
  25. Mugniar April 5, 2021
    • Lianny April 6, 2021
  26. indah nuria April 6, 2021
    • Lianny April 6, 2021
  27. Sovi Nur Wakhidah April 6, 2021
    • Lianny April 6, 2021
  28. thya April 6, 2021
  29. Arinta Adiningtyas April 6, 2021
    • Lianny April 7, 2021
  30. lendyagasshi April 7, 2021
    • Lianny April 7, 2021
  31. winda - dajourneys.com April 7, 2021
    • Lianny April 7, 2021
    • Lianny April 7, 2021
  32. Nia Haryanto April 7, 2021
    • Lianny April 7, 2021
  33. Andy Hardiyanti April 7, 2021
    • Lianny April 7, 2021
  34. Emanuella Christianti April 7, 2021
    • Lianny April 7, 2021
  35. Bundabiya.com April 7, 2021
    • Lianny April 7, 2021
  36. Nyak Rotun April 8, 2021
    • Lianny April 10, 2021
  37. Dian Farida Ismyama April 8, 2021
    • Lianny April 10, 2021
  38. fanny_dcatqueen April 19, 2021
    • Lianny April 28, 2021
  39. Lukman Hakim June 14, 2021

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.