Resep Masakan

Bikin Burger Sendiri

 

“Mama…”

“Ya?”

“Sekali-kali buat dong makanan seperti waktu kita nginep di hotel waktu liburan.”

“Nasi goreng , ya?”

“Bukaaannnn, sosis, roti atau omelet. Terus ada jus, ada buahnya juga.”

“Hhhmmm buat burger aja, ya. Nanti Mama siapin bahannya, kalian susun sendiri.”

“Asyik!”

Eh padahal burger nggak ada ya di menu breakfast hotel? Di mall banyak, atau di depan supermarket2 biasanya. Ahhh biar sajalah *cari yang gampang hahaha 😀

Aku memang mewajibkan anak-anak sarapan nasi kalau mau berangkat sekolah. Tapi untuk hari libur, biasanya mereka lebih memilih roti sebagai sarapan.

Jadilah hari itu aku belanja di supermarket untuk membeli bahan-bahan membuat burger. Roti bulat yang memang biasa digunakan untuk burger, sosis, keju lembaran, daging kemasan untuk burger, buah melon dan tidak ketinggalan jus buah kemasan. Untuk margarin dan telur masih tersedia di rumah, jadi nggak perlu beli. Sekali-kali makan makanan kemasan nggak apa-apalah. Lebih sehat roti, daging burger dan jus buat sendiri memang, tapi berhubung sang mama nggak pinter bikin roti dan pengin santai juga, ya beli jadian semua *jangan ditiru ya, eh tapi kalau sekali-kali sih gpp 🙂

 

??????????

 

Ini bahan-bahan membuat burger:

Roti bulat untuk burger

Daging untuk burger

Keju lembaran

Telur

Margarin

Sosis

Saos tomat dan saos sambal

 

Cara membuat burger *lebih tepat cara menyusun kali, ya?

1. Roti dipotong menjadi 2 bagian, masing-masing bagian diolesi margarin dan panggang sebentar ( aku pakai wajan Teflon aja).

2. Telur dikocok, buat telur dadar.

3. Sosis dikerat dan goreng dengan sedikit minyak, sebentar saja hingga mekar.

4. Penyusunannya : Ambil satu bagian roti yang sudah dipanggang, olesi dengan saos tomat dan saos sambal (jika suka pedas), letakkan daging burger, telur dan keju. Lalu tutup dengan satu bagian roti lainnya. O’ya burger ini nggak pakai mayonaise, karena anak-anak nggak mau.

5. Sajikan burger dengan sosis. Bisa ditambah dengan kentang goreng.

 

??????????

 

Anak-anak menyusun sendiri burgernya, dan senang banget karena pagi itu tidak sarapan dengan nasi. Yang kurang cuma sayurnya, kalau ditambah tomat, ketimun dan selada pasti lebih nikmat. Apalagi ada buah dan jus segala. Klo aku sih tetep aja lebih enak sarapan dengan nasi pecel . Nggak tau ya, rasanya lebih kenyang makan 3 sendok nasi dibanding dengan makan roti 3 bungkus hahaha 😀

 

20 Comments

  1. Lidya September 9, 2014
    • Lianny September 9, 2014
  2. Riski Fitriasari September 9, 2014
    • Lianny September 15, 2014
  3. Indah Nuria Savitri September 10, 2014
    • Lianny September 10, 2014
  4. sariwidiarti September 10, 2014
    • Lianny September 10, 2014
  5. latree September 10, 2014
    • Lianny September 10, 2014
  6. Susanti Dewi September 10, 2014
    • Lianny September 10, 2014
  7. angki September 11, 2014
    • Lianny September 15, 2014
  8. Adi Pradana September 11, 2014
    • Lianny September 15, 2014
  9. hana September 22, 2014
    • Lianny September 23, 2014
  10. Asuransi Mega XL October 31, 2014
    • Lianny November 1, 2014

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.