Resep Masakan

Resep Mantau dengan Tepung Pao

 

Bikin mantau lagi nih!

Kali ini bikin mantaunya full pake tepung pao karena udah mau expired tepungnya, sayang kalau dibuang kan.  Ini kutuliskan resep mantau dengan tepung pao dari Luluk Williams (pakai tepung pao Mamata), aku sendiri pakai tepung pao Bogasari. Teman-teman bisa pakai tepung pao merek apa saja.

Mantau dan bakpao bisa dibilang sama ya, cuma mantau gak pake isian dan bentuknya beda. Biasanya aku bikin bakpao pake campuran tepung pao + tepung terigu, bisa baca di postingan: Resep dan Tips Bakpao Empuk Mulus

 

bahan untuk membuat mantau

 

Resep Mantau dengan tepung pao

Bahan:

1 sdt ragi instant

180 ml air atau susu

300 gr tepung pao (bisa pakai mamata dll)

50 gr gula pasir

1 sdt baking powder double action

25 gr mentega / mentega putih / minyak, suhu ruang

 

Cara membuat:

  1. Campur ragi instant dengan air, sisihkan.
  2. Campur rata tepung pao, gula pasir dan baking powder dengan minyak/mentega dalam mangkuk besar.
  3. Masukkan air ragi ke dalam tepung.
  4. Uleni selama 20 mnt atau lebih (makin lama diuleni makin lembut tekstur paonya) sampai adonan kalis dan lembut.
  5. Diamkan mengembang selama 30-40 menit atau sampai besarnya 2 kali lipat.
  6. Giling adonan berbentuk persegi panjang kira-kira 20 x 40 cm. Lipat menjadi 3 bagian, kemudian giling tipis lagi menjadi 25 x 45 cm persegi panjang.
  7. Basahi permukaan dengan sedikit air, ini berguna seperti lem. Gulung memanjang, bagi adonan menjadi 8 bagian (ukuran medium), atau 16 bagian (ukuran kecil) atau sesuai selera.
  8. Letakkan masing-masing adonan di kertas minyak, tutup dan biarkan mengembang selama 20 – 30 menit.
  9. Kukus dengan api sedang selama 10 menit atau sampai masak (panaskan dandang terlebih dahulu, bungkus tutup dandang dengan kain).
  10. Siap disajikan.

 

Note :

  •  Aku pakai air hangat + ragi, diamkan sebentar sampai ragi berbuih (step 1). Pakai susu cair juga bisa.
  • Adonan kubagi menjadi 9 bagian.

 



 

Biasa ya kalo soal bentuk membentuk, aku gak ahli sama sekali. Itu gilling adonan bikin persegi panjang aja melengkung sana sini hahaha.

 


Mantau siap dikukus

 

resep mantau dengan tepung pao

Jadi juga mantaunya! Enak, empuk! Jika pengin mantau yang lebih padat, bisa kurangi waktu mengembangnya.

 

resep mantau dengan tepung pao

 

Nah saat bikin mantau ini, kebetulan aku lagi masak curry jepang, iseng deh mantaunya kuiris lalu kutaruh sdikit curry jepang di atasnya. Hhm , enak juga loh rasanya 😀

 

resep mantau dengan tepung pao

 

Mantau ini bisa juga digoreng ya, tapi aku belum pernah mencoba. Seringnya cuma dimakan langsung begitu aja tanpa topping sama sekali. Kalau anak-anak sukanya dipanggang. Jadi mantaunya kuiris menjadi 2 bagian (kadang 3 bagian kalau ingin lebih tipis), oles dengan mentega lalu panggang di teflon. Enak, gurih!

Yuk, yang mau bikin mantau bisa dicoba resepnya nih. Bisa bkin agak banyak, taruh di freezer, kalau mau buat sarapan tinggal diangetin lagi 😊

 

54 Comments

  1. Adriana Dian April 15, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  2. Rani R Tyas April 15, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  3. herva yulyanti April 15, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  4. duniamasak April 15, 2021
  5. andiyani achmad April 15, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  6. Nurul Sufitri April 15, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  7. nchie hanie April 15, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  8. Alfa Kurnia April 16, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  9. gustyanita pratiwi April 16, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  10. Inna Riana April 16, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  11. Lisdha April 16, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  12. Keke Naima April 16, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  13. Dian Restu Agustina April 16, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  14. Ucig April 17, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  15. Mia Yunita April 17, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  16. Nurul Rahma April 17, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  17. Farida Pane April 17, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  18. Eri Udiyawati April 17, 2021
    • Lianny April 18, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  19. naqiyyah syam April 17, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  20. Hidayah Sulistyowati April 17, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  21. Husnul Khotimah April 17, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  22. Lina W. Sasmita April 17, 2021
  23. lendyagasshi April 17, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  24. Echaimutenan April 18, 2021
    • Lianny April 18, 2021
  25. Hana Aina April 18, 2021
    • Lianny April 18, 2021

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.