Resep Masakan

Resep Tahu Daging Cincang Praktis dan Enak

 

Yuk, bikin masakan yang praktis aja, biar cepet masaknya!

Ini gara-gara waktu aku belanja di supermarket asal ambil-ambil aja, tertarik dengan tahu sutra yang bentuknya kotak, akhirnya beli *biasanya sih belinya tahu jepang di supermarket, yang bentuknya lonjong itu.

Habis itu di rumah bingung, mau dimasak apa ya tahu sutranya ini.  Googling deh, eh nemu tuh di youtubenya chef Ade Koerniawan, bikin tahu daging cincang, itu tahu sutranya mereknya juga sama persis dengan yang aku beli haha 😀 Langsung deh, eksekusi!

Resep dan tips dari chef Ade ada di bawah ini, ya.

Resep Tahu Daging Cincang

Bahan tahu daging cincang:
1 kotak tahu sutra
200 gr daging cincang
2 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 bh cabe merah
3 tangkai bawang daun
Sejumput garam
3 sdm saos tiram
1 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt kaldu jamur – 200 ml air
1 sdm tepung maizena + 1 sdm air (untuk mengentalkan)

 

Cara membuat tahu daging cincang:

1. Tiriskan tahu sutra pake tissue supaya nanti gak berair waktu digoreng.
2. Goreng utuh tahu sutra, kalo sudah matang, angkat dan tiriskan.

3. Iris tipis bawang putih dan bawang merah, sisihkan.
4. Iris cabe merah, sisihkan.
5. Iris daun bawang, sisihkan.
6. Bentuk bulat pipih daging cincang, seperti bikin daging burger.
7. Siapkan pan, beri sedikit minyak, tunggu sampai panas, masukkan daging cincang.
8. Beri sedikit garam, jika sisi bawah sudah kecoklatan, balik, masak sampai matang.
9. Beri sedikit minyak lagi, hancur-hancurkankan daging tadi sampai jadi bentuk kecil-kecil.
10. Masukkan bawang putih dan bawang merah, tumis sampai matang.
11. Masukkan saos tiram, kecap manis, kecap asin, merica bubuk dan kaldu jamur, tambahkan air sedikit, kemudian baru masukkan cabe merah dan daun bawang. Koreksi rasa.
12. Masukkan larutan maizena, sambil diaduk (kekentalan sesuai selera), masak sebentar.
13. Tata tahu sutra yang sudah digoreng di piring, siram atasnya dengan saus daging cincang tadi, taburi daun bawang. Sajikan dengan nasi hangat.

 

Baca juga: 3 Resep Olahan Telur Praktis

 

 

Note**:

  • Hati-hati saat membalik dan mengangkat tahu sutra supaya tahu sutra gak hancur.
  • Tahu sutra jika gak mau digoreng, dikukus juga bisa.
  • Daging sapi cincang jika mau diganti daging ayam cincang juga bisa.
  • Masukkan larutan tepung maizena sedikit demi sedikit, lihat konsistensinya, jika masih kurang kental bisa ditambahkan lagi.

 

 

Ini praktis banget, gampang bikinnya, cuma harus hati-hati menggoreng tahunya biar gak hancur. Makan nasi anget dengan tahu daging cincang ini aja, udah enaak. Ini aku gak pake cabe merah dan daun bawang karena anakku ada yang gak suka. Kalo pake, pasti rasanya makin enak.

 

 

Sesekali anak-anak gak makan gorengan ya, makan sehat aja seperti ini, tenggorokan aman haha. Yuk, langsung aja eksekusi resep tahu daging cincangnya! Semoga anak-anak suka, ya 🙂

 

44 Comments

  1. Lisdha www.daily-wife.com September 26, 2022
    • Lianny September 27, 2022
  2. Ucig September 26, 2022
    • Lianny September 27, 2022
  3. Nanik Nara September 27, 2022
    • Lianny September 27, 2022
  4. Rach Alida September 27, 2022
    • Lianny September 27, 2022
  5. Bibi Titi Teliti September 27, 2022
    • Lianny September 28, 2022
  6. Sri Widiyastuti September 27, 2022
    • Lianny September 28, 2022
  7. indah savitri September 28, 2022
    • Lianny September 28, 2022
  8. Nurul Rahma September 28, 2022
    • Lianny September 28, 2022
  9. momtraveler September 28, 2022
    • Lianny September 28, 2022
  10. Lintang September 28, 2022
    • Lianny September 28, 2022
  11. Hidayah Sulistyowati September 28, 2022
    • Lianny September 28, 2022
  12. Dian Farida Ismyama September 28, 2022
    • Lianny September 28, 2022
  13. Dian September 28, 2022
    • Lianny September 28, 2022
  14. Eri Udiyawati September 28, 2022
    • Lianny September 28, 2022
  15. April Hamsa September 28, 2022
    • Lianny September 28, 2022
  16. andiyani achmad September 28, 2022
  17. Okti Li September 28, 2022
    • Lianny September 29, 2022
  18. Maya Siswadi September 28, 2022
    • Lianny September 29, 2022
  19. Firsty Ukhti Molyndi September 28, 2022
    • Lianny September 29, 2022
  20. umimami September 28, 2022
    • Lianny September 29, 2022
  21. Gusti yeni September 28, 2022
    • Lianny September 29, 2022
  22. @hm_zwan September 29, 2022
    • Lianny September 29, 2022

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.