Resep Masakan

5 Resep Olahan Tahu Yang Digoreng, Bahan Minimalis Bikinnya Super Gampang

Siapa yang suka tahu? Biasanya dimasak apa nih tahunya?
Kalo aku lebih sering digoreng biasa aja tahunya, makan sama kecap manis dan cabe rawit aja udah enak kok. Tapi kadang-kadang bosen juga ya tahu digoreng biasa gitu, penginnya bikin olahan tahu yang lain.

Akhirnya nemu resep berbagai olahan tahu di youtube. Bahannya minimalis dan bikinnya super gampang nih. Sebenarnya bisa dibilang hampir mirip sih resep-resepnya ini, tapi gak apa-apa deh, aku cobain satu-satu biar gak penasaran haha. Oya foto-fotonya ini seadanya, asal jepret aja pas sudah jadi masakannya, keburu dibuat makan, sudah laper 😀

Yuk, mari! Resepnya kutulis di bawah ini, ya!

 

1.Tahu Kriwil

Resep Tahu Kriwil
Bahan :
500 gr tahu putih
5 sdm tepung terigu
2 sdm tepung maizena
2 siung bawang putih (haluskan)
½ sdt garam
1 sdt kaldu ayam bubuk
½ sdt merica bubuk

Cara membuat:
1. Siapkan wadah, masukkan dan hancurkan tahu.
2. Masukkan bawang putih halus, garam, kaldu ayam bubuk dan merica, aduk rata.
3. Tambahkan tepung terigu dan maizena, aduk rata.
4. Panaskan minyak. Ambil sesendok adonan, goreng hingga kuning keemasan, lakukan sampai adonan habis.
5. Sajikan dengan sambal kecap (kecap manis + irisan cabe rawit).
Note: minyak agak banyak agar tahu bisa terendam dan matang sempurna. Source resep:  CR COOK

 

 

2. Martabak Tahu

Resep Martabak Tahu
Bahan:
5 potong tahu
5 lembar daun bawang
1 butir telur
3 buah cabe rawit merah
¼ sdt garam
½ sdt kaldu sapi bubuk
¼ sdt gula pasir
¼ sdt merica bubuk
Kulit lumpia secukupnya

Cara membuat:
1. Hancurkan tahu.
2. Potong-potong daun bawang, iris cabe rawit.
3. Tambahkan telur dan bumbu (garam, gula, kaldu ayam bubuk, merica).
4. Masukkan daun bawang dan irisan cabe, aduk rata.
5. Siapkan kulit lumpia, isi dengan adonan tahu, lipat, rekatkan ujung-ujungnya (bisa dengan terigu yang dicampur air, bisa juga dengan putih telur).
6. Goreng hingga matang.

Note: Buat yang gak bisa makan pedes, skip aja cabe rawitnya. Source: CR COOK

 

 

3. Bakwan Tahu

Resep bakwan tahu

Bahan:
200 gr tahu, haluskan
1 telur
50 gr terigu
25 gr taoge
¼ sdt lada putih bubuk
¼ sdt garam
1 sdt kaldu ayam bubuk
I daun bawang iris tipis

Cara membuat:
1. Campur semua bahan dan bumbu, aduk rata.
2. Ambil sesendok adonan, goreng hingga kuning kecoklatan.

 

 

4. Tahu Keriting

Resep Tahu keriting
Bahan :
1 blok tahu putih padat ukuran 7x7x3cm
2 butir telur ukuran sedang
2-3 sdm terigu
½ sdt garam
¼ sdt merica
¾ sdt kaldu ayam bubuk
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Potong kotak kecil tahu dengan ketebalan sekitar ½ cm, jangan terlalu tipis.
2. Kocok telur, masukkan garam, merica, kaldu ayam bubuk, aduk rata.
3. Masukkan tahu.
4. Masukkan tepung terigu, jangan terlalu banyak, sesuaikan dengan ukuran telurnya. Kalo terlalu banyak, gak bisa krispi, jadinya gendut dan empuk. Jadi jangan terlalu banyak tepung dan jangan terlalu sedikit juga.
5. Aduk rata perlahan agar tahu tidak hancur.
6. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng sampai kuning keemasan.
7. Sajikan dengan sambal kecap.

Note:
• Gunakan tahu yang padat. Klo gak padat nanti bentuknya kurang jelas. Semakin padat tahu, bentuknya semakin jelas keriting-keritingnya. Goreng agak lama biar krispi, jangan gunakan api besar.
• Bisa juga digoreng agak lama biar semakin krispi, taburi dengan bubuk keju, kocok. Source: Lily Chan

 

 

5. Tahu Penyet Sambal Kecap

Resep Tahu penyet sambal kecap

Bahan:
5 bawang merah
5 bawang putih
5 cabe rawit merah
5 cabe rawit hijau
5 tbsp kecap manis
1 tomat sedang, iris
½ jeruk limau
½ tsp garam (sesuai selera)
½ tsp kaldu bubuk (optional)
1 kotak tahu putih

Cara membuat:
1. Iris tahu menjadi kotak kecil, goreng sampai matang, angkat, tiriskan.
2. Ulek kasar bawang merah, bawang putih, cabe rawit merah, cabe rawit putih, tomat, garam, kaldu bubuk.
3. Tambahkan kecap manis, lalu kucuri dengan air jeruk, aduk rata. Cek rasa.
4. Masukkan tahu di campuran sambal kecap, penyet, aduk rata, siap disantap dengan nasi.

Source: funny’s kitchen

 

 

Baca juga: Resep Tahu Daging Cincang Praktis dan Enak

 

Olahan tahu yang digoreng ini selain bisa dibuat camilan, bisa juga dijadikan lauk. Kalau aku tetep ya, tahunya buat lauk aja, makan pake nasi anget, hm nikmaat 😀

Dari 5 resep olahan tahu yang digoreng tadi paling suka yang mana?

Aku paling suka yang tahu penyet sambal kecap. Cukup makan tahu penyet dengan nasi aja sudah enak. Sambal kecapnya seger, bener-bener bisa bikin nambah-nambah nasi hahaha. Kalau olahan tahu yang lainnya juga enak dibuat lauk, tapi menurutku perlu ditambah sayur (sayur kuah atau oseng sayur) biar gak terlalu kering.

Yuk, teman-teman cobain juga bikin berbagai olahan tahu tadi, ya!

 

25 Comments

  1. Rosanna Simanjuntak November 21, 2022
  2. Ophi Ziadah November 22, 2022
  3. Apura November 22, 2022
  4. Wiwid Wadmira November 23, 2022
  5. Mega Rachmawati November 23, 2022
  6. andiyani achmad November 23, 2022
  7. Okti Li November 23, 2022
  8. Hanifa November 23, 2022
  9. Juliastri Sn November 23, 2022
  10. Arinta Adiningtyas November 23, 2022
  11. Noni November 23, 2022
  12. Istiana Sutanti November 23, 2022
  13. Grandys Sofia November 23, 2022
  14. Liza November 23, 2022
    • Lianny November 24, 2022
  15. lendyagassi November 23, 2022
  16. Dian Kusumawardani November 23, 2022
  17. Hidayah Sulistyowati November 23, 2022
  18. Andy Hardiyanti November 23, 2022
  19. Gusti yeni November 24, 2022
  20. April Hamsa | Mom Blogger November 24, 2022
  21. Ainhy Edelweiss November 24, 2022
  22. Helena November 27, 2022
  23. diane November 28, 2022
  24. Yasir Lana + Lirik December 8, 2022

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.