Resep Masakan

Resep Nastar Lumer Empuk Untuk Lebaran, Cocok juga Untuk Jualan

 

Resep nastar lumer empuk untuk Lebaran, cocok juga untuk jualan – Bikin nastar, yuk!

Salah satu kue kering favoritku adalah nastar. Makan nastar ini seperti makan kacang, gak cukup sebiji, tau-tau udah hampir habis setoples haha.

Ini nastar bikinanku tahun lalu, waktu masih punya oven. Bikin nastar itu capek buletinnya haha, ini aja bikin gara-gara mama bikin selai nanas satu kotak makan, dikasih ke aku. Enak rasanya! Langsung deh kepikiran waktu itu buat isian nastar aja.

Resep nastar kali ini aku pakai resep dari @mbaiyya Ini kutuliskan resep nastar + selai nanasnya beserta tips dari @mbaiyya. Kalo selai nanas yang mamaku bikin, aku gak tau takarannya πŸ˜€

 

Resep Nastar Lumer Empuk

Jadi sekitar 3 toples ukuran 500 gr

Bahan A:

180 gr butter/mentega

120 gr margarine

90 gr gula halus

3 kuning telur

Bahan B:

50 gr maizena

50 gr susu bubuk

Bahan C:

200 gr terigu protein sedang (mis segitiga biru)

200 gr terigu protein rendah (mis kunci biru)

Olesan:

3 kuning telur

3 sdt minyak sayur

3 sdt susu kental manis

filling selai nanas homemade

 

Cara membuat nastar:

1. Kocok bahan A asal rata, masukkan bahan B lalu aduk dengan spatula kayu. Masukkan bahan C perlahan sampai bisa dipulung. Tutup adonan lalu istirahatkan sebentar selama 5 menit dalam suhu ruang (Bila suhu ruang cukup panas, istirahatkan adonan nastar dalam chiller sebelum dipulung selama sekitar 10-15 menit).

2. Ambil adonan seberat 6 gr, lalu isi dengan selai nanas. Panggang 140 der c api atas bawah selama 30 menit atau sesuaikan oven masing-masing (loyang tidak perlu dioles margarin) Bagian bawah nastar berwarna kecokelatan menandakan nastar sudah matang sempurna.

2. Keluarkan dari oven, oles nastar bila sudah mencapai suhu ruang (jangan dioles bila nastar masih panas) beri olesan untuk satu loyang, lalu oles lagi yang kedua kali. Keringkan olesan lalu panggang di oven suhu 100 der c . Waktu panggang minimal 7 menitΒ  (sesuaikan oven masing-masing).

3. Keluarkan dari oven, dinginkan hingga suhu ruang baru masukkan ke toples.

Bahan selai nanas:

3 buah nanas (berat 1 buah nanas ukuran standar sekitar 400-450 gr)

150 gr gula pasir (50 gr untuk 1 buah nanas ukuran standar, bisa ditambah hingga 60-70 gr bila nanas yang digunakan kurang manis)

1 sdt vanilla extract

2 lbr daun pandan

Cara membuat selai nanas:

Nanas diparut/blender dulu. Masak nanas bersama daun pandan menggunakan api kecil, aduk sesekali biar tidak gosong. Jika air sudah habis, keluarkan daun pandan lalu tambahkan gula pasir, aduk rata, tambah vanila ekstract. Aduk nanas hingga kering.

 

Tips dari @mbaiyya:

  • Kalo tepung disangrai boleh, tapi dikurangi jumlahnya sekitar 50 gr atau tambah butter sekitar 30 gr supaya adonan tidak kering, jadinya lumer ngeprul, enak.
  • Masukkan susu bubuk dan maizena dulu ke adonan butter, aduk sampai rata, baru masukkan campuran tepung terigu yang sudah diayak perlahan, cukup sampai adonan sudah bisa dipulung supaya cookies tidak kering atau retak jadi terigu tidak perlu dimasukkan semua.
  • Kalo pengin ngeprul lumer, boleh banyakin tepung terigu protein rendahnya. Kalo ini cocok buat jualan, buat dikirim jauh karena hasilnya lumer empuk dan kokoh (penggunaan tepung terigu protein sedang dan rendah dalam komposisi seimbang).
  • Kocok mentega jangan kelamaan, asal rata aja biar adonan tidak mengembang atau melebar.
  • Gunakan telur berkualitas yang warnanya bagus agar tidak perlu menambahkan pewarna pada olesan nastar. Boleh tambah 1/2 sdt air bila olesan terlalu kental. Boleh juga tambahkan 1 tetes pewarna kuning tua/cokelat bila menggunakan telur yang warna kuningnya pucat.
  • Olesan tidak boleh terlalu encer supaya olesannya tidak retak/lepas

Ini aku pakai selai nanas bikinan mama, dan takaran butternya aku banyakin, takaran margarin aku kurangi

 

 

resep nastar lumer empuk untuk lebaran

Enak nastarnya! Niatnya cuma icip sebiji, eh akhirnya keterusan nambah teruuus hahaha

 

nastar isi cokelat

 

Aku bikin juga yang isian cokelat karena anakku yang bungsu tidak suka nanas, penginnya yang cokelat. Isian cokelatnya bisa dibaca di postingan: Resep nastar isi cokelat lembut dan lumer di mulut

Cobain yuk resep nastar lumer empuk untuk Lebaran ini, cocok juga loh untuk jualan πŸ™‚

 

103 Comments

  1. indah savitri April 29, 2021
    • Lianny May 1, 2021
  2. herva yulyanti April 29, 2021
    • Lianny May 1, 2021
  3. andiyani achmad April 29, 2021
    • Lianny May 1, 2021
  4. Ainhy Edelweiss April 29, 2021
    • Lianny May 1, 2021
  5. Mugniar April 29, 2021
  6. Farida Pane April 30, 2021
    • Lianny May 1, 2021
  7. Kartika Nugmalia May 1, 2021
  8. Rani R Tyas May 1, 2021
    • Lianny May 1, 2021
  9. Yoanna Fayza May 1, 2021
    • Lianny May 1, 2021
  10. Desri Desri May 1, 2021
    • Lianny May 1, 2021
  11. Dian May 1, 2021
  12. Dedew May 1, 2021
    • Lianny May 1, 2021
  13. Ade UFi May 1, 2021
    • Lianny May 1, 2021
  14. Nanik Nara May 1, 2021
    • Lianny May 1, 2021
  15. Lidya May 1, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  16. lendyagasshi May 1, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  17. Ririe May 1, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  18. Echaimutenan May 1, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  19. Andy Hardiyanti May 1, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  20. Hanifa May 3, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  21. Wian May 3, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  22. Bibi Titi Teliti May 3, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  23. Heni May 4, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  24. Nurul Rahma May 4, 2021
    • Lianny May 5, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  25. Keke Naima May 4, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  26. cindy Vania May 4, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  27. thya May 4, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  28. Desi indriani Desi May 4, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  29. Jiah Al Jafara May 4, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  30. Retno Kusuma Wardani May 5, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  31. Indah nuriA May 5, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  32. Nchie Hanie May 5, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  33. Yoanna Fayza May 5, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  34. Sri Al Hidayati May 5, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  35. Rach Alida May 5, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  36. Uniek Kaswarganti May 5, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  37. inia May 5, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  38. susie ncuss May 5, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  39. nyi Penengah Dewanti May 5, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  40. Lidya May 5, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  41. indah savitri May 5, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  42. Desri Desri May 5, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  43. lendyagasshi May 5, 2021
    • Lianny May 5, 2021
  44. Rina Susanti May 5, 2021
  45. Rizka Edmanda May 5, 2021
  46. Bundabiya.com May 5, 2021
    • Lianny May 8, 2021
  47. Seftina Qurniawati May 6, 2021
    • Lianny May 8, 2021
  48. Eni Rahayu May 6, 2021
    • Lianny May 8, 2021
  49. dw May 6, 2021
    • Lianny May 8, 2021
  50. Okta May 6, 2021
    • Lianny May 8, 2021
  51. Okta May 6, 2021

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.