Resep Masakan

Resep Soto Daging Madura – Cocok Disantap Saat Musim Hujan

 

Akhir-akhir ini hujan terus, ya. Bagaimana di kota teman-teman?

Jadi pengin menyantap makanan berkuah yang anget-anget kalo hujan-hujan gini, seperti bakso, sup atau soto. Nah, kebetulan masih punya stok daging sapi, langsung deh kepikiran untuk masak soto daging, udah bosen daging dimasak teriyaki terus haha πŸ˜€

Akhirnya bikin deh soto daging, resepnya dapat dari cookpad Xanders’s kitchen, katanya sih rasanya mirip-mirip soto madura. Cuma aku daging sapinya ini gak pakai sengkel, adanya cuma daging lulur, ya udah pakai itu aja, tetap enak. Ntar kapan-kapan mau coba masak lagi tapi pakai daging sapi sengkel, sepertinya lebih cocok dan bakalan lebih enak deh. Kutuliskan resepnya di bawah ini, ya.

 

 

Resep Soto Daging Madura

Bahan:

500 gr daging sapi (sengkel)

Sejempol jahe, geprek

Sejempol lengkuas, geprek

2 batang sereh, geprek

5 lembar daun jeruk, sobek

1750 ml air

garam dan gula secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

12 buah bawang merah

5 siung bawang putih

sejempol kunyit

1 sdt merica

1 sdm ketumbar sangrai

1/2 sdt jinten

Pelengkap:

Iris seledri

Bawang merah goreng

Sambal + jeruk nipis

Cara membuat:

1. Daging direbus sebentar dengan air secukupnya sampai mendidih, buang air darahnya. Tiriskan.

2. Rebus kembali daging dengan air bersih. Masak sampai keluar kaldunya.

3. Tumis bumbu halus, sereh, jahe, lengkuas, daun jeruk hingga bumbu harum dan matang. Tuang bumbu ke dalam rebusan daging.

4. Masak sampai daging embuk

5. Sajikan soto dengan pelengkapnya.

 

 

Rasanya enak, segeeer! Apalagi ditambah pelengkap seperti irisan seledri, bawang merah goreng, perasan jeruk nipis dan sambal. Sayang nih aku gak punya seledri, tapi gini aja udah enak, kutambahi telur rebus dan kerupuk udang.

 

resep soto daging madura

 

resep soto daging madura

 

Saat mendung, hujan-hujan gini, cocok banget makan soto daging madura ini. Dimakan anget-anget, nikmat!

Yuk, cobain bikin juga!

 

78 Comments

  1. Keke Naima January 6, 2021
    • Lianny January 8, 2021
  2. winda - dajourneys.com January 7, 2021
    • Lianny January 8, 2021
  3. Bundabiya.com January 7, 2021
    • Lianny January 8, 2021
  4. Azifahaa January 7, 2021
  5. Desri January 7, 2021
    • Lianny January 8, 2021
  6. Demia January 7, 2021
    • Lianny January 8, 2021
  7. Nyak Rotun January 7, 2021
    • Lianny January 8, 2021
  8. Kurnia amelia January 8, 2021
    • Lianny January 8, 2021
  9. Emanuella Christianti January 8, 2021
    • Lianny January 8, 2021
  10. nyi Penengah Dewanti January 8, 2021
    • Lianny January 9, 2021
  11. Uniek Kaswarganti January 8, 2021
    • Lianny January 9, 2021
  12. Indah Nuria January 8, 2021
    • Lianny January 9, 2021
  13. lendyagasshi January 8, 2021
    • Lianny January 9, 2021
  14. Siti Hairul January 8, 2021
    • Lianny January 9, 2021
  15. ima satrianto January 10, 2021
    • Lianny January 15, 2021
  16. Andiyani Achmad January 25, 2021
    • Lianny January 27, 2021
  17. Nchie Hanie January 25, 2021
    • Lianny January 27, 2021
  18. astin January 25, 2021
    • Lianny January 27, 2021
  19. Nurul Sufitri January 26, 2021
    • Lianny January 27, 2021
  20. Nia Nurdiansyah January 26, 2021
    • Lianny January 27, 2021
  21. Keke Naima January 26, 2021
    • Lianny January 27, 2021
  22. Mirna Rahardjo January 27, 2021
  23. Nurul Fitri Fatkhani January 27, 2021
    • Lianny January 27, 2021
  24. Dian January 27, 2021
    • Lianny January 27, 2021
  25. Mia Yunita January 27, 2021
    • Lianny January 27, 2021
  26. Nanik Nara January 27, 2021
    • Lianny January 27, 2021
  27. Rach Alida January 27, 2021
    • Lianny January 27, 2021
  28. herva yulyanti January 27, 2021
    • Lianny January 27, 2021
    • Lianny January 28, 2021
  29. HM Zwan January 27, 2021
    • Lianny January 28, 2021
  30. Efi Fitriyyah January 27, 2021
    • Lianny January 28, 2021
  31. Dedew January 27, 2021
    • Lianny January 28, 2021
  32. Utie adnu January 27, 2021
    • Lianny January 28, 2021
  33. lendyagasshi January 27, 2021
    • Lianny January 28, 2021
  34. Yurmawita January 27, 2021
  35. Rahmah January 27, 2021
    • Lianny January 28, 2021
  36. Desy Yusnita January 29, 2021
    • Lianny January 29, 2021
  37. Naqiyyah Syam January 30, 2021
    • Lianny January 30, 2021
  38. Hanifa January 31, 2021
    • Lianny February 1, 2021

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.