Resep Masakan

Resep Soto Ayam Koya Kerupuk Udang

 

Siapa yang suka soto?

Penyuka soto wajib cobain deh resep soto ayam koya kerupuk udang ini.

Aku jarang banget masak soto karena males uleg-uleg bumbu-bumbunya haha, jadi biasanya beli aja. Nah berhubung sekarang masih pandemi covid, beli-beli masakan di luar kami kurangi. Kebetulan banget ada kerupuk udang di rumah, jadi bisa bikin soto ayam koya kerupuk udang. Anakku yang bungsu gak mau makan soto pakai koya kelapa, kalo koya kerupuk udang mau haha.

Resep soto ayam koya kerupuk udang ini aku lihat di ig @xanderskitchen, kutuliskan resepnya di bawah ini, ya.

Baca juga: Resep soto daging madura – cocok disantap saat musim hujan

 

Resep soto ayam koya kerupuk udang

Bahan:

1 ekor ayam kampung belah menjadi 4 bagian
2000 ml air
6 lembar daun jeruk
3 batang sereh digeprek
1 sdt merica bubuk
Garam, gula secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :
6 butir bawang merah
7 siung bawang putih
Seruas kunyit
3 butir kemiri
1 bh pala

Bahan sambal :
1/4 sendok teh garam
20 buah cabai rawit merah uleg halus. Aduk rata

Bahan koya :
3 siung bawang putih, iris goreng dan 3 buah kerupuk udang tumbuk jadi satu

Cara memasak :
1. Dalam panci rebus air kira-kira 2 liter.
2. Tumis bumbu halus beserta sereh, daun jeruk sampai harum. Masukkan ayam yg sudah dibagi 4. Aduk-aduk sampai berubah warna.
3. Tuang sebagian air panas ke tumisan ayam. Aduk rata. Kemudian tuang kembali ayam beserta bumbu ke dalam panci berisi air panas.
4. Tambahkan merica, garam dan gula secukupnya. Masak sampai ayam empuk. Angkat ayam. Tiriskan. Goreng ayam sampai kecokelatan. Suwir-suwir ayam.

Penyajiannya : di mangkok tata soun (ini aku gak pake), tauge, kol, tomat, ayam suwir, seledri dan bawang goreng. Siram denganΒ  kuah soto panas. Beri sambal, koya dan perasan jeruk nipis. Sajikan.

 

 

Cuma sempet motret makanannya pas sudah jadi, step by stepnya gak sempat motret, bikinnya cepet-cepetan waktu itu, sudah mau dibuat makan siang πŸ˜€

 

resep soto ayam koya kerupuk udang

 

Soto ayam koya kerupuk udang ini dimakan hangat pas hujan, nikmat!

Kalau masaknya malem dan masih ada sisa sotonya bisa tuh dibuat sarapan esok paginya, tinggal nyiapin pelengkapnya aja dan angetin sotonya. Yuk, bikin juga, ya πŸ™‚

 

 

 

50 Comments

  1. fanny_dcatqueen March 28, 2022
    • Lianny April 1, 2022
  2. nurulrahma March 31, 2022
    • Lianny April 1, 2022
  3. Lidya March 31, 2022
    • Lianny April 1, 2022
  4. Lintang March 31, 2022
    • Lianny April 1, 2022
  5. Lina sophy March 31, 2022
    • Lianny April 1, 2022
  6. Bibi Titi Teliti March 31, 2022
    • Lianny April 1, 2022
  7. Yeni Sovia April 1, 2022
    • Lianny April 1, 2022
  8. Dian Restu Agustina April 1, 2022
    • Lianny April 4, 2022
  9. Dennise Sihombing April 1, 2022
    • Lianny April 4, 2022
  10. Eni Rahayu April 1, 2022
    • Lianny April 4, 2022
  11. Farida Pane April 2, 2022
  12. Era Sapamama April 2, 2022
    • Lianny April 4, 2022
  13. Rach Alida April 2, 2022
    • Lianny April 4, 2022
  14. Katerina April 2, 2022
    • Lianny April 4, 2022
  15. Suciarti Wahyuningtyas April 2, 2022
    • Lianny April 4, 2022
  16. @hm_zwan April 2, 2022
    • Lianny April 4, 2022
  17. gusti yeni April 2, 2022
    • Lianny April 4, 2022
  18. Nia Haryanto April 2, 2022
    • Lianny April 4, 2022
  19. Andy Hardiyanti April 2, 2022
    • Lianny April 4, 2022
  20. lendyagassi April 2, 2022
    • Lianny April 4, 2022
  21. diane April 2, 2022
    • Lianny April 4, 2022
  22. Sri Widiyastuti April 4, 2022
    • Lianny April 4, 2022
  23. Wahyuindah April 4, 2022
    • Lianny April 4, 2022
  24. Dedew April 4, 2022
    • Lianny April 4, 2022
  25. Karyati Niken April 7, 2022
  26. Gustyanita Pratiwi April 9, 2022

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.