Resep Masakan

Resep Roti Tawar Lembut Metode Yudane (Shokupan Yudane)

Roti tawar bisa diolah menjadi berbagai macam menu yang nikmat, paling cocok buat sarapan karena praktis. Cuma dioles mentega dan dipanggang aja, anak-anakku suka. Bahkan kadang dimakan langsung begitu aja, tanpa dioles selai /  topping apapun. Makanya jadi penasaran pingin bikin roti twar sendiri, akhirnya beli lah 1 buah loyang roti tawar dan langsung eksekusi resep roti tawar metode Yudane (shokupan Yudane) dari Chef Diana Cahya. Resep yang ditulis Chef Diana Cahya ini untuk 2 loyang ukuran 20 x 10 x 10 cm. Tetapi aku cuma bikin 1/2 resep saja karena cuma punya 1 loyang roti tawar hehe.

Penasaran banget dengan Shokupan yudane (roti tawar Jepang) ini jadinya bagaimana. Baru pertama kali bikin roti tawar dan baru pertama kali juga mencoba bikin roti pakai metode Yudane (Yudane method), jadi rada deg-deg an juga kalau gagal hiks.

Resep yang kutulis dibawah ini adalah yang kugunakan ya, untuk 1 loyang, ini 1/2 dari resep aslinya. Kalau mau full 1 resep, teman-teman bisa kalikan 2 aja semua bahannya, atau lihat langsung youtube Chef Diana Cahya biar lebih jelas. Yuk ah, kita mulai!

 

 

bahan shokupan yudane

 

 

Resep Roti Tawar Metode Yudane (Shokupan Yudane)

Bahan Shokupn Yudane:

Yudane dough:

62,5 gr tepung terigu protein tinggi

50 gr air mendidih

Bahan A:

250 gr tepung terigu protein tinggi

20 gr gula pasir

4 gr ragi instan

Bahan B:

190 gr susu UHT (dingin)

Bahan C:

15 gr unsalted butter (dingin)

6 gr garam

 

Cara membuat Shokupan Yudane:

  1. Membuat Yudane dough: Campur bahan Yudane dough hingga homogen. Bungkus clingwrap. Dinginkan minimal 2 jam di chiller, lebih baik lagi kualitasnya jika didiamkan overnight (kurang lebih 8 jam).
  2. Siapkan loyang ukuran 20 x 10 x 10 cm, alasi dengan baking paper / oles dengan butter.
  3. Mixer bahan A hingga tercampur rata.
  4. Tambahkan Yudane dough dengan cara disobek-sobek kecil.
  5. Mixer dan tambahkan bahan B hingga tercampur rata.
  6. Masukkan bahan C mixer hingga kalis elastis, terbentuk gluten window.
  7. Bulatkan adonan dan istirahatkan selama 10 menit
  8. Bagi adonan menjadi 3 bagian, lalu bulatkan hingga mulus. Istirahatkan lagi adonan 10 menit.
  9. Tipiskan adonan, lalu gulung dan susun dalam loyang. Per loyang isi 3 gulung adonan.
  10. Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali lipat atau hingga mendekati permukaan loyang.
  11. Panaskan dulu oven 180 derajat celcius selama 10 menit.
  12. Panggang adonan dengan suhu 180 dercel (api bawah saja) selama 20 menit, lalu turunkan suhu menjadi 160 dercel (api atas bawah) selama 20 menit. Sesuaikan dengan oven masing-masing.

 

Baca juga:Bread Pudding With Vanilla Sauce

 

Membuat Yudane dough, ini sekitar jam 9 malam

 

Karena masih belum punya mixer untuk mengadon roti, seperti biasa aku pakai ulen tangan. Kalau bikin roti gini, selaluuu aja jadi inget umur, kayaknya tambah tuwir nih tenaga udah gak sekuat waktu muda dulu, ngulen adonan bentar udah pegel-pegel tangannya *eeh kok malah curhat di sini hahaha 😀

 

 

Saat adonan pertama udah digulung rapi dan siap dimasukin ke loyang, ternyata gulungannya kepanjangan (lebih panjang dari lebar loyang), tadi memang gak diukur dulu waktu mau menggulung adonannya. Jadi bingung diapain, akhirnyaa gulungan adonan yang sudah rapi tadi aku gilas pakai rolling pin dan kubentuk bulat lagi.

Duuh, jadinya malah itu adonan jadi gak mulus lagi. Mestinya tadi bisa disiasati dengan menarik ujung-ujungnya aja ke bawah, kayaknya bisa lebih rapi deh daripada adonan yg sudah mulus dihancurin lagi. Tapi udah terlanjur. Tuh lihat, dibandingkan dengan gulungan adonan kiri dan tengah, gulungan adonan paling kanan, itu jadinya malah gak rapi sama sekali.

 

 

Gak sampai di sini kejadian bikin deg-deg annya. Aku pakai oven tangkring yang gak tau suhunya berapa. Aku panggang di bagian rak bawah selama 20 menit, kemudian kupindah ke rak atas. Baru 10 menitan di rak atas kok warna roti bagian atas udah kecoklatan. Akhirnya kukeluarin dari oven dan ternyataaa bagian bawahnya masih belum cokelat, belum matang kayaknya. Biasanya tuh kebalikan, bawah udah cokelat, matang, atasnya masih pucet.

Bingung lagi kan ini roti mau diapain, ternyata total 30 menit tadi masih belum matang rotinya. Ya udah akhirnya kuoven lagi di rak bawah, atasnya kututupi pakai aluminium foil karena bagian atas roti sudah cokelat. Aku oven lagi selama 20 menitan. Dan syukurlah, akhirnya jadi juga roti tawarnya, matang. Jadi memang tiap oven tuh beda-beda ya, harus kenali ovennya masing-masing, apalagi pakai otang seperti ini yang suhunya tidak bisa diatur. Biasanya aku panggang roti (yang bukan roti tawar) sekitar 12 menitan udah matang. Berarti untuk roti tawar ini perlu waktu lebih lama.

 

 

Hasilnya bagaimana? Roti tawarnya lembut empuk. Huaah senangnyaa! Nah, masalah terakhir nih, aku gak punya pisau roti, nyoba iris pakai pisau biasa kok susaah. Akhirnya kuiris dari bagian bawah rotinya, gak rapi sama sekali hahaha. Tapi gak apa-apa deh, yang penting anak-anak suka. Ini roti sehari udah ludes. Anak sulung makannya dengan butter, yang cowok makan roti dengan selai ovomaltine dan yang bungsu makan rotinya langsung tanpa dioles apapun hahaha. Si bungsu ini memang sukanya makan roti kosongan, gak pakai isian apa-apa.

 

 

 

Bakal sering-sering nih bikin roti tawar kayaknya, tinggal menguatkan tangan dulu hahaha. Mungkin mau coba resep yang tanpa ulen aja deh, ntar kalau udah nemu, bakal kutulis di blog ya.

 

resep shokupan yudane

 

Yuk, teman-teman yang mau coba bikin roti tawar sendiri, bisa cobain resep roti tawar lembut metode Yudane (shokupan yudane ) ini. Selamat mencoba!

 

76 Comments

  1. Reyne Raea September 19, 2020
    • Lianny September 19, 2020
  2. nchie hanie September 19, 2020
    • Lianny September 19, 2020
  3. Bibi Titi Teliti September 19, 2020
    • Lianny September 20, 2020
  4. Mugniar September 19, 2020
    • Lianny September 20, 2020
  5. Jiah Al Jafara September 19, 2020
    • Lianny September 20, 2020
  6. Desri Desri September 19, 2020
    • Lianny September 20, 2020
  7. Gina September 20, 2020
    • Lianny September 20, 2020
  8. Shyntako September 20, 2020
    • Lianny September 20, 2020
  9. Nurul Fitri Fatkhani September 20, 2020
    • Lianny September 20, 2020
  10. nurulrahma September 20, 2020
    • Lianny September 20, 2020
  11. demia September 20, 2020
    • Lianny September 20, 2020
  12. Kartika Nugmalia September 20, 2020
    • Lianny September 20, 2020
  13. Bundabiya.com September 20, 2020
    • Lianny September 20, 2020
  14. Susie Ncuss September 20, 2020
    • Lianny September 20, 2020
  15. lendyagasshi September 20, 2020
    • Lianny September 20, 2020
  16. Monica Anggen September 20, 2020
    • Lianny September 20, 2020
  17. Zia September 20, 2020
    • Lianny September 20, 2020
  18. nyi Penengah Dewanti September 20, 2020
    • Lianny September 23, 2020
  19. Lidya September 21, 2020
    • Lianny September 23, 2020
  20. Nchie Hanie September 21, 2020
    • Lianny September 23, 2020
  21. Andy Hardiyanti September 21, 2020
    • Lianny September 23, 2020
  22. Lisdha September 22, 2020
    • Lianny September 23, 2020
  23. Ophi Ziadah September 22, 2020
    • Lianny September 23, 2020
  24. Faridilla Ainun September 22, 2020
    • Lianny September 23, 2020
  25. Suciarti Wahyuningtyas September 22, 2020
    • Lianny September 23, 2020
  26. Ana Ike September 22, 2020
    • Lianny September 23, 2020
  27. Firsty Ukhti Molyndi September 22, 2020
    • Lianny September 23, 2020
  28. lendyagasshi September 22, 2020
    • Lianny September 23, 2020
  29. Caroline Adenan September 23, 2020
    • Lianny September 23, 2020
  30. Dedew September 23, 2020
    • Lianny September 23, 2020
  31. sulis September 23, 2020
    • Lianny September 23, 2020
  32. Helena September 23, 2020
    • Lianny September 25, 2020
  33. Desy Yusnita September 23, 2020
    • Lianny September 25, 2020
  34. echaimutenan September 23, 2020
    • Lianny September 25, 2020
  35. ira duniabiza September 24, 2020
    • Lianny September 25, 2020
  36. nyi Penengah Dewanti September 24, 2020
    • Lianny September 25, 2020
  37. Ade UFi September 25, 2020
    • Lianny September 25, 2020
  38. Leyla Hana September 26, 2020
    • Lianny September 27, 2020

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.