Resep Masakan

Resep Getuk Lindri Tanpa Cetakan

 

Aku suka makan kue-kue tradisional, salah satunya getuk lindri. Enak dan juga mengenyangkan.

Kali ini aku mau share resep getuk lindri tanpa cetakan. Jadi teman-teman yang gak punya cetakan tapi pengin bikin getuk lindri sendiri di rumah, bikin seperti ini aja 😀

Bikin getuk lindri ini sebenarnya terpaksa hahaha, iya gara-gara anakku yang SMA ada tugas praktek pelajaran PKWU (Prakarya dan Kewirausahaan, tugas praktek ke 4 ) bikin kue tradisional.

Mau bikin kue putu ayu, kue lumpur, kue serabi atau kue pukis gak punya cetakannya, akhirnya bikin getuk lindri ini yang bikinnya juga tanpa cetakan. Kebetulan waktu itu bapak penjual sayur langgananku bawa singkong kuning dan kelapa yang sudah diparut, cocok banget untuk bikin getuk lindri, kan. Sayangnya daun pandannya gak ada. Untuk resepnya aku lihat di youtube Dapur Aby (kalau mau lebih jelas cara membuatnya, lihat langsung videonya aja).

Baca juga: Resep Pisang Nugget

 

Anakku yang bikin getuk lindri ini, aku cuma nyediain bahan dan motong-motong singkongnya aja, eh ada lagi sih, bagian motret ( step by stepnya harus difoto, ini nih yang bikin lamaaaa) dan cuci peralatan setelah dipakai hahaha.

 

bahan membuat getuk lindri tanpa cetakan

 

Resep Getuk Lindri Tanpa Cetakan

Bahan:

850 gr singkong (berat setelah dikupas)

1/2 butir kelapa parut

100 gr gula pasir

20 gr (1 sdm) margarin

3 lbr daun pandan

sejumput garam

secukupnya pewarna

 

Cara membuat:

1. Kukus singkong yang sudah dipotong-potong, kelapa parut dan daun pandan.

2. Setelah matang, haluskan singkong dengan cara ditumbuk, tambahkan juga garam, sebagian kelapa parut dan gula pasir.

3. Setelah agak halus, tambahkan margarin, tumbuk sampai halus.

4. Bagi adonan dan beri warna sesuai selera.

5. Gilas singkong lalu bentuk garis-garis memanjang (bisa pakai spatula atau pisau), bagi menjadi beberapa bagian. Lakukan sampai semua adonan habis.

8. Sajikan dengan kelapa parut.

Note:

  • Kelapa parut juga kuberi garam biar lebih gurih.
  • Saat membentuk garis-garisnya jangan terlalu dalam, biar adonan gak putus.
  • Panjang dan ketebalan getuk sesuai selera ya.
  • Ini anakku menghaluskan singkongnya pakai ulegan.

 

 

 

Jadi juga nih getuk lindrinya! Tampilannya memang gak secantik pakai cetakan ya, tapi lumayan lah gak jelek-jelek amat kok hahaha. Yang penting tugas selesai kata anakku 😀

 

resep getuk lindri tanpa cetakan

 

getuk lindri tanpa cetakan

 

Yuk, yang mau bikin getuk lindri sendiri di rumah, cobain resepnya ini. Tapi memang lebih praktis beli sih daripada bikin sendiri 😀

 

 

 

 

76 Comments

  1. nurulrahma June 10, 2021
    • Lianny June 14, 2021
  2. Nchie Hanie June 10, 2021
    • Lianny June 14, 2021
  3. Mugniar June 10, 2021
    • Lianny June 14, 2021
  4. Rach Alida June 11, 2021
    • Lianny June 18, 2021
  5. Meykke Santoso June 11, 2021
    • Lianny June 14, 2021
  6. lendyagasshi June 12, 2021
    • Lianny June 14, 2021
  7. Siti Nurjanah June 12, 2021
    • Lianny June 14, 2021
  8. firsty molyndi June 12, 2021
    • Lianny June 14, 2021
  9. Keke Naima June 12, 2021
    • Lianny June 14, 2021
  10. Nanik Nara June 12, 2021
    • Lianny June 14, 2021
  11. Rina Susanti June 12, 2021
    • Lianny June 14, 2021
  12. Nia Haryanto June 12, 2021
    • Lianny June 14, 2021
  13. Milda Ini June 12, 2021
    • Lianny June 14, 2021
  14. Diah Kusumastuti June 12, 2021
    • Lianny June 14, 2021
  15. Sapti nurul hidayati June 12, 2021
    • Lianny June 14, 2021
  16. Tanti Amelia June 12, 2021
    • Lianny June 14, 2021
  17. Utie adnu June 12, 2021
    • Lianny June 14, 2021
  18. Maya Siswadi June 12, 2021
    • Lianny June 14, 2021
  19. Echaimutenan June 12, 2021
    • Lianny June 14, 2021
  20. Fanny_dcatqueen June 14, 2021
    • Lianny June 18, 2021
  21. Putu Eka Jalan Jalan June 16, 2021
    • Lianny June 18, 2021
  22. Faradillah June 16, 2021
  23. Shenisa June 21, 2021
    • Lianny June 24, 2021
  24. Mutia Nurul Rahmah June 22, 2021
    • Lianny June 24, 2021
  25. Okti Li June 22, 2021
    • Lianny June 24, 2021
  26. Mechta June 23, 2021
    • Lianny June 24, 2021
  27. thya June 23, 2021
    • Lianny June 24, 2021
  28. Susie Ncuss June 23, 2021
    • Lianny June 24, 2021
  29. YSalma June 23, 2021
    • Lianny June 24, 2021
  30. winda - dajourneys.com June 23, 2021
  31. Eni Martini June 23, 2021
    • Lianny June 24, 2021
  32. Sri Widiyastuti June 24, 2021
    • Lianny June 24, 2021
  33. Ida Tahmidah June 24, 2021
    • Lianny June 24, 2021
  34. Yuniari Nukti June 24, 2021
    • Lianny June 28, 2021
  35. Rach Alida Lidbahaweres June 24, 2021
    • Lianny June 28, 2021
  36. Monica Anggen June 24, 2021
    • Lianny June 28, 2021
  37. lendyagasshi June 24, 2021
    • Lianny June 28, 2021
  38. Emanuella Christianti July 6, 2021
    • Lianny July 16, 2021

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.