Buku Tulisan Yang Menang Lomba/GA

[Review] Sukses Membangun Toko Online

 

SMTOJudul Buku : Sukses Membangun Toko Online

Penulis : Carolina Ratri

Penerbit : Stiletto Book

Editor : Herlina P. Dewi

Layout Isi : Deeje

Desain Cover : Teguh Santosa

Proof Reader : Weka Swasti

Jumlah Halaman : 203

Cetakan pertama : Juli 2014

ISBN : 978-602-7572-29-4

 

Di era digital sekarang ini dimana akses internet cukup mudah, banyak yang sudah memanfaatkannya untuk menjalankan bisnis online. Ya, cukup dengan modal laptop, modem dan jaringan internet, kita sudah bisa berbisnis online.

Kata online shop atau toko online pastilah sudah akrab di telinga, khususnya nih kaum perempuan yang biasanya lebih gemar shopping dibanding laki-laki, apalagi jika barang yang diincar ternyata sedang ada diskon gede, wuahh makin kalap aja belanjanya ya hihihi ๐Ÿ™‚ Aku sendiri senang berbelanja online, karena tinggal mencari barang yang kuinginkan di toko online dan melakukan pembayaran, selesai! Tinggal nunggu barang sampe rumah, sangat praktis dan menghemat waktu tentunya.

Dalam buku Sukses Membangun Toko Online yang ditulis oleh Carolina Ratri, akan dipaparkan tahap demi tahap hal-hal yang perlu diketahui dan dilakukan untuk membangun sebuah toko online, seperti :

  • Mengenal pernak-pernik toko online (sistem penjualan, penentuan produk yang ingin dijual, jasa pengiriman, menentukan jalur pemesanan dan branding toko online)
  • Persiapan apa saja yang haus dilakukan ( modal, perlengkapan dll)
  • Membuat dan mempercantik tampilan web toko online
  • Meningkatkan kunjungan ke toko online
  • Memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi
  • Menjaring pelanggan melalui pelayanan yang prima
  • Contoh-contoh toko online yang dikelola perempuan

 

??????????* Yeah, akhirnya buku Sukses Membangun Toko Online bisa nangkring di rak bukuku *

 

Buku berisi 203 halaman, yang terdiri dari 8 Bab ini dipaparkan secara padat dan lengkap dengan penjelasan rinci oleh penulis, sehingga bahkan Anda yang belum pernah membuat blog pun bisa langsung mencoba mempraktikkannya sendiri, karena sudah ada step by step awal membuat blog juga di blogspot. Tidak hanya hal teknis tentang pembuatan web toko online, tapi dijelaskan juga strategi pemasaran yang tepat dan optimasi situs web toko online.

Dibuka dengan penjelasan tentang apakah toko online itu dan mengapa berbisnis online. Kemudian dilanjutkan dengan Bab I yang memaparkan tentang apa saja yang harus diketahui sebelum kita membuka toko online. Mulai dari memilih sistem penjualan, produk yang ingin dijual, memilih jasa pengiriman, menentukan jalur pemesanan sampai pada branding toko online (pemberian nama, pemberian logo toko online).

Jadi, branding adalah hal yang pertama kali harus kita lakukan, jika akan membangun sebuah toko online. (hal 28)

Bab II โ€“V menjelaskan secara detail tentang membuat web toko online, manajemen konten, cara mempercantik web toko online dan cara mempromosikannya.

Bab VI โ€“ VII menjelaskan tentang menganalisis pengunjung web dan cara mendapatkan pelanggan.

Yup, mungkin tidak membutuhkan waktu lama untuk sekedar membuat toko online dan mempercantiknya, tapi selanjutnya, promosi sangat diperlukan agar toko online kita bisa dikenal, dan kepuasan pelanggan juga merupakan faktor penting agar pelanggan tetap mau berbelanja lagi di toko kita.

Dalam bisnis online, terutama toko online, respons cepat adalah yang utama. Stay updated, adalah syarat mutlak. ( hal 201)

Pelanggan tentunya akan sangat kecewa dan segera meninggalkan toko online kita jika situs web toko online kita jarang diperbaharui. Bayangkan jika mereka order, dan ternyata barang tersebut tidak tersedia karena kita lupa mengupdate stok. Pengunjung pasti langsung kecewa. Dampak dari kekecewaannya adalahโ€ฆ mereka akan berpikir dua kali jika ingin memesan lagi pada kita. (hal 152)

Nah, ini nih, langsung kebayang apa yang pernah kualami saat belanja di sebuah toko online. Sudah order barang dan melakukan pembayaran, ternyata barang tersebut tidak ada. Pemberitahuan dilakukan sehari setelah order transaksi. Kenapa sih tidak ada keterangan kalau stok sudah habis? Memang akhirnya order dibatalkan dan uang dikembalikan, tapi rasa kecewanya tuh tetap ada.

Di buku ini juga diberikan contoh beberapa referensi toko online yang dikelola oleh seorang perempuan yaitu : Ladaka Handicraft, Raja Undangan dan Dapur Hangus. Menimba dari pengalaman mereka, membangun toko online hingga sukses itu memerlukan waktu yang tidak sebentar. Mungkin ada saat jatuh bangunnya, tapi dengan pantang menyerah bisa bertahan dan semakin berkembang itu hal yang patut diacungi jempol.

Ketiga toko online ini terbilang sukses dan ini membuktikan bahwa kaum perempuan tidak hanya pandai belanja saja tapi cukup mumpuni dalam mengelola sebuah toko online.

Inilah yang menyebabkan kenapa perempuan bisa lebih jeli dalam mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan dan calon pelanggan. Mereka bisa meraba kemauan pelanggan karena mereka mempunyai pengalaman sebagai pelanggan (hal 13)

Kata-kata yang membangkitkan semangat, tentang sikap seorang pemenang ditulis oleh Carolina Ratri menjadi penutup tulisan di buku ini, dan itu mak jleb banget buatku.

Sikap kita akan menentukan seberapa tinggi kita melejit. Bagaimana kita bersikap, terutama sikap positif, lebih penting daripada hanya mengerti cara membangun bisnis. Cara membangun bisnis bisa dipelajari, namun sikap positif hanya dikembangkan oleh pribadi masing-masing. (hal 202)

Setuju!

 

Sukses Membangun Toko Online* Membaca buku ini paling enak dekat laptop, biar klo penasaran langsung praktik *

 

Menurutku, buku ini nggak bisa dibaca sambil tiduran dan nyemil cantik seperti saat baca buku fiksi. Buku fiksi masih nyaman dibaca sembari minum teh dan nyemil cookies. Lain dengan buku panduan ini, bukan cookies ditangan tapi buku, bolpoin dan mesti harus deket dengan laptop, jadi bisa langsung mempraktikkan apa yang sudah diajarkan di buku ini *ini menurutku lho ๐Ÿ™‚ Kalau aku seperti itu, dengan membuat catatan dan langsung praktik di komputer, penjelasan yang ada di buku lebih cepat masuk. Contohnya saja saat aku penasaran dengan cara membuat logo, langsung saja praktik mengikuti penjelasan di buku ini, dan โ€ฆ seneng banget lho saat berhasil!

Ehmm.. sepertinya sepanjang membaca buku ini, aku cukup sering โ€œngangguk-nganggukโ€ dan membatin : Iya benar banget yang ditulis ini, oh iya mestinya memang seperti ini, oh ada juga ya cara seperti ini, benar nih โ€ฆ sampai buku selesai kubaca hihi *curcol dikit ๐Ÿ˜€

ย  Ya, banyak pengetahuan baru yang kudapat dari buku Sukses Membangun Toko Online ini, seperti :

  • Mendapat pengetahuan tentang membuat logo memakai Logo Type Maker.
  • Mendapat pengetahuan tentang otomatisasi update situs web ke akun jejaring sosial menggunakan Hootsuite.
  • Hal terpenting yang kudapat dari membaca buku ini adalah : Membuatku mempunyai gambaran lebih jelas, ternyata banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum berencana membangun toko online. Untuk membuat toko online sederhana mungkin tak membutuhkan waktu lama, tetapi untuk membuat toko online kita sukses tentu tidaklah mudah, diperlukan juga optimasi dan strategi pemasaran yang tepat. Semua itu memerlukan ketekunan dan kerja keras untuk mewujudkannya.

Cover buku Sukses Membangun Toko Online ini berwarna-warni, dominan pink terlihat cukup manis menggambarkan sebuah toko online dengan barang-barang yang tertata rapi. Nice!

 

Kekurangan buku ini menurutku cuma satu, terletak pada gambar yang disajikan. Gambarnya kecil dan kurang jelas tulisannya *apalagi buatku yang matanya mulai burem karena faktor usia ๐Ÿ™‚ Jika saja bisa diperbesar sedikit atau minimal diperjelas tulisannya, pasti sip banget buku ini. Tapi sejauh ini nggak masalah karena selain gambar, ada penjelasaannya juga, jadi pembaca masih bisa menebak dan mengikuti dari keterangan gambar yang ada.

O ya ada sedikit typo juga yang kutemukan, yaitu di hal 171 paragraf ke2 ditulis aktivitsnya mungkin maksudnya aktivitasnya. Hal 173 paragraf pertama bagian c, tertulis filosifi mungkin maksudnya filosofi. Hal 186 paragraf kedua tertulis udangan mungkin maksudnya undangan.

Di hal 128 pembahasan B. Auto Posting Promosi yang dibahas pertama a. Twitterfeed, tapi untuk b, c dst kucari-cari kok tidak nemu ya. Yang ada no.1 hootsuite dan 2. Tweedeck. Mungkin maksud penulis adalah a.Twitterfeed b. Hootsuite c. Tweetdeck (bukan Tweedeck).

Kekeliruan kecil ini bisa diperbaiki di cetakan selanjutnya, dan tentu saja tidak mempengaruhi isi buku yang dikemas dengan apik dan detail oleh penulis. Secara keseluruhan buku ini sangat bermanfaat dan layak untuk dimiliki terutama bagi yang ingin memulai membangun bisnis toko online. Itโ€™s great!

Ingin membangun toko online? Baca dulu buku ini, oke! ๐Ÿ™‚

Note : Reviewku di Goodreads : https://www.goodreads.com/review/show/1111137950

 

SMTO-Book-Review1Postingan ini diikutsertakan dalam Sukses Membangun Toko Online Book Review Contest

18 Comments

  1. Lidya November 24, 2014
    • Lianny November 28, 2014
  2. noe November 28, 2014
    • Lianny November 28, 2014
  3. Mak Irits November 29, 2014
    • Lianny December 3, 2014
  4. RedCarra December 4, 2014
    • Lianny December 6, 2014
  5. Icoel December 8, 2014
    • Lianny December 14, 2014
  6. Nurul December 10, 2014
    • Lianny December 14, 2014
  7. Pingback: Surat Untuk Stiletto Book | Lianny Hendrawati February 16, 2015
  8. mirana February 18, 2015
    • Lianny February 20, 2015
  9. sutopo March 15, 2015
    • Lianny March 16, 2015
  10. Alifan November 16, 2015
    • Lianny November 16, 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.