Tulisan Yang Menang Lomba/GA

Harapanku untuk PLN

LISTRIK UNTUK KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK

Listrik sangat diperlukan oleh manusia dalam menjalankan aktifitas mereka sehari-hari, baik pada saat siang hari dan pada saat malam hari. Pada saat siang hari listrik sangat diperlukan, karena pada siang hari itulah berbagai kegiatan manusia padat dilakukan, mulai kegiatan yang sifatnya perorangan ataupun industri dengan skala yang besar. Pada malam hari, listrik juga sangat diperlukan karena keadaan akan menjadi gelap jika tidak ada listrik, dan segala aktifitas kita pada malam hari, misalnya saja bagi pelajar yang sedang belajar, tentunya akan sangat kesulitan jika tidak ada listrik.

Listrik sudah menjadi kebutuhan manusia di jaman modern sekarang ini, sehingga roda kegiatan tetap berjalan dan bisa sekaligus menghemat waktu dan tenaga. Dan yang menyediakan listrik itu adalah PT. PLN (Perusahaan Listrik Negara), suatu lembaga negara yang bertugas untuk menyediakan tenaga listrik untuk kepentingan umum, dengan mottonya: Listrik Untuk Kehidupan yang Lebih Baik .

SEJARAH PLN

PT.PLN (Persero)

PT.PLN (Persero)

 

Pada tahun 1961 PLN (Perusahaan Listrik Negara) ditetapkan sebagai pengelola tenaga listrik milik negara.

Pada tahun 1972, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.17, status Perusahaan Listrik Negara (PLN) ditetapkan sebagai Perusahaan Umum Listrik Negara dan sebagai Pemegang Kuasa Usaha Ketenagalistrikan (PKUK) dengan tugas menyediakan tenaga listrik bagi kepentingan umum.

Seiring dengan kebijakan Pemerintah yang memberikan kesempatan kepada sektor swasta untuk bergerak dalam bisnis penyediaan listrik, maka sejak tahun 1994 status PLN beralih dari Perusahaan Umum menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) dan juga sebagai PKUK dalam menyediakan listrik bagi kepentingan umum hingga sekarang.

PROGRAM PLN – PLN PEDULI

Diharapkan dengan program PLN Peduli ini maka akan terjalin hubungan yang semakin harmonis antara PLN dan masyarakat, dimana misi dari program PLN peduli ini adalah:

1. Membantu pengembangan kemampuan masyarakat agar dapat berperan dalam pembangunan

2. Berperan aktif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan jalan program Community Empowering

3. Berperan aktif dalam mencerdaskan masyarakat melalui pendidikan

4. Berperan aktif dalam mendorong tersedianya tenaga listrik untuk meningkatkan kualitas hidup dengan jalan penggunaan listrik pada siang hari untuk Industri Rumah Tangga dan pengembangan desa mandiri energi.

5. Berperan aktif dalam menjaga kesinambungan lingkungan melalui pelestarian alam

PROGRAM PLN – PLN BERSIH

Wujudkan PLN Bersih

Wujudkan PLN Bersih

 

Seperti ditegaskan oleh Manajemen PT PLN (Persero) bahwa PLN berkomitmen dan berupaya untuk menjalankan praktek penyelenggaraan korporasi yang bersih dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme, sekaligus menegakkan Good Corporate Governance (GCG) dan anti korupsi dalam penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat.

PLN terus melakukan berbagai upaya untuk menjalankan seluruh proses bisnisnya secara lebih transparan dan terbuka kepada seluruh masyarakat.

Beberapa upaya yang telah dilakukan PLN antara lain:
1. Telah melakukan penyempurnaan dan perbaikan sistem pada beberapa proses bisnis PLN, terutama pada sistem pengadaan maupun sistem pelayanan pelanggan.
2. PLN juga telah menggandeng Tranparency International Indonesia (TII) untuk bekerjasama dalam mewujudkan PLN yang bersih dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), dimana kerjasama antara PLN dengan TII ini telah dimulai sejak Maret 2012 lalu.

AKU DAN PLN

Aku pernah mengalami sendiri saat-saat dimana listrik masih belum masuk ke desa dimana aku tinggal saat itu, waktu itu aku masih kecil dan belum masuk sekolah dasar. Saat sore hari penerangan yang ada hanyalah memakai lampu templok. Kami terbiasa dengan keadaan seperti itu, sampai suatu ketika listrik masuk ke desa kami … Wah …alangkah senangnya, karena keadaan sore hari menjadi sangat terang, dan kami pun bisa menonton televisi menggunakan listrik. Senang sekali rasanya …

Sekarang di jaman yang lebih modern ini, semuanya menggunakan listrik. Tidak ada hari tanpa listrik, semua pekerjaan membutuhkan listrik, baik dari dokter maupun ibu rumah tangga, bahkan aku sekarang menulis di komputer inipun memerlukan listrik. Nah, apa jadinya jika tidak ada listrik yang membantu pekerjaan kita sehari-hari, apa jadinya jika listrik mati secara mendadak?

Aku membayangkan saat dokter sedang mengoperasi pasien dengan menggunakan alat-alat kedokteran yang membutuhkan listrik, bagaimana jadinya? Hii… ngeri, meskipun mungkin ini hanya khayalanku saja, ini sekedar berandai-andai saja , karena hampir semua rumah sakit pasti sudah mengantisipasi keadaan jika listrik mati, sehingga tidak akan merugikan pasien.

Aku membayangkan juga keadaan di sebuah salon, saat pelanggan dicuci rambutnya, dan listrik mati, padahal saat itu rambut sudah penuh busa shampoo, bagaimana cara melanjutkan mencuci rambut itu (jika peralatan mencuci rambutnya dihubungkan dengan listrik tentunya )? Mungkin diambilkan air dari kamar mandi ya… Lucu mungkin bagi yang melihat, tapi akan sangat tidak lucu bagi pelanggan yang mengalami kejadian tersebut.

Urusan rumah tangga menjadi terbengkalai jika listrik mati

Rumah Tangga

Rumah Tangga

 

Bagi ibu rumah tangga sepertiku, listrik sangat kuperlukan dalam mengurus berbagai pekerjaan rumah tangga. Contoh pekerjaan rumah tangga yang akan terbengkalai jika listrik mati secara mendadak (berdasar pengalaman pribadi):

Tidak bisa memasak nasi
Jaman sekarang, jarang sekali yang memasak nasi menggunakan dandang ya, apalagi di daerah perkotaan, sebagian besar pasti menggunakan rice cooker/magic jar yang pastinya membutuhkan listrik. Nah, pagi hari saat baru saja memasak nasi memakai rice cooker/magic jar, tiba-tiba lampu mati, bisa dibayangkan apa jadinya? Tidak masalah sih kalau mati lampunya Cuma sebentar, tapi kalau sudah lebih dari 1 jam, otomatis nasi tidak matang dan anak2 yang akan pergi sekolah tidak bisa sarapan terlebih dahulu, padahal sarapan itu penting bagi nutrisi tubuh untuk memulai menjalankan aktifitas hari itu.

Tidak bisa mencuci baju
Ibu rumah tangga yang mencuci baju menggunakan mesin cuci tentu sangat membutuhkan listrik. Jika listrik mati dan pakaian saat itu sedang menumpuk, alangkah kecewanya. Bisa sih mencuci baju secara manual, akan tetapi hal itu pasti sangat melelahkan dan menyita waktu, padahal saat mencuci baju menggunakan mesin cuci , para ibu akan bisa mengerjakan pekerjaan lainnya misal memasak, atau mengepel lantai, Jadi jika listrik mati, maka yang seharusnya sudah bisa menyelesaikan 3 pekerjaan, jadi cuma bisa mengerjakan satu pekerjaan saja.

Tidak bisa menyetrika baju
Baju yang bertumpuk setelah kering tidak akan bisa disetrika kalau listrik mati, sehingga jadwal menyetrika ini akan berubah, dan otomatis akan mempengaruhi jadwal pekerjaan rumah tangga lainnya.

Anak-anak tidak bisa belajar
Bisa dibayangkan jika saat-saat ujian sekolah tiba, dan anak-anak kita sedang belajar malam itu, tiba-tiba lampu mati padahal belajarnya belum selesai. Wah gawat sekali, bukan anaknya saja yang bingung, orang tuanya juga pasti bingung, bagaimana meneruskan belajar saat mati lampu begini. Syukur kalau cuma 1 jam, kalau sampai 4 jam bagaimana? Terpaksalah belajar memakai lilin dengan cahayanya yang remang-remang itu. Pasti belajarseperti itu hasilnya tidak akan maksimal.

Nah, itu hanya sebagian kecil contoh sederhana dari pekerjaan ibu rumah tangga yang terbengkalai jika listrik mati secara mendadak. Lain halnya jika sudah ada pemberitahuan terlebih dahulu, maka sudah ada persiapan dan cara untuk mensiasatinya sehingga semuanya bisa tertanggulangi dengan baik.

Pengalaman tentang petugas PLN

Petugas PLN sedang memperbaiki jaringan listrik

Petugas PLN


Dua tahun lalu, saat musim hujan tiba, petir menggelegar dengan keras sekali. Saat itu aku yang sedang berada di kamar tidur terkejut karena suara keras itu diiringi dengan kilatannya yang dekat sekali dengan jendela kamar. Saat itu langsung alarm mobil tetangga berbunyi keras-keras, dan listrik mendadak mati. Rupanya petir itu mengakibatkan korsleting listrik, hasilnya ada tiga lampu di dalam rumah yang mati terbakar, modem dan TV juga menjadi rusak. Tapi kami bersyukur karena meskipun terbakar, lampu tidak pecah, karena jika sampai pecah bisa mengenai orang-orang yang ada dalam rumah.

Saat itu masih sore, dan hujan juga deras sekali. Kami keluar rumah dan melihat jalan juga gelap semua. Akhirnya setelah 2 jam berlalu, hujan mulai reda dan jalanan mulai terang kembali. Tapi kok rumahku belum menyala ya listriknya, padahal tetangga yang lain sudah menyala. Saat itu sekitar jam 6 malam, dan kami akhirnya memutuskan untuk menelpon gangguan PLN. Setelah beberapa kali menelpon akhirnya tersambung juga, dan dijanjikan petugas PLN akan datang ke rumah malam itu.

Lama sekali petugas PLN datang, aku sudah mengantuk dan hampir tertidur saat itu, sekitar jam 11 malam barulah petugas PLN datang. Ternyata petir yang menyebabkan korsleting listrik tadi juga mengakibatkan alat meteran listrik mengalami kerusakan. Segera saja segel dibuka dan dibetulkan oleh petugas, begitu juga sekring yang terbakar diganti baru. Akhirnya setelah menunggu agak lama, listrik menyala kembali di rumah kami, ah.. leganya. Kami memberikan uang juga kepada para petugas saat itu, meskipun mereka tidak meminta, sebagai rasa terima kasih kami.

Ah … salut kepada para petugas PLN yang bertugas sampai malam untuk membetulkan gangguan listrik itu. Meski agak lama menunggu, kami tau keterbatasan petugas yang mungkin masih harus berkeliling ke banyak tempat yang mengalami juga kejadian yang sama dengan kami, jadi kami harus sabar menunggu giliran. Terima kasih para petugas PLN … !

LISTRIK PINTAR – SOLUSI ISI ULANG DARI PLN

Rumah yang tidak ditinggali penghuninya, kerap kali mengalami masalah seperti ini. Harus tetap membayar listrik dan air, jika 3 bulan tidak membayar maka otomatis listrik akan diputus. Dan untuk menyambungnya lagi diperlukan juga biaya pemasangan yang tidak sedikit, karena selain biaya pemasangan kembali juga dikenakan denda dari keterlambatan bulan-bulan sebelumnya.

Peristiwa seperti ini terjadi juga dengan keluargaku, karena saat itu pembayaran secara online masih belum bisa dilakukan. Tahun lalu, saat kami menjenguk rumah itu, listrik sudah terputus dan harus diadakan pemasangan kembali. Saat di PLN kami melihat program baru PLN tentang listrik prabayar, wah ini menarik sekali, lebih praktis dan cocok buat kami. Jadi kami mengajukan pemasangan listrik baru dengan system prabayar tersebut sekaligus melunasi pembayaran serta denda di bulan sebelumnya.

Listrik Pintar

Listrik Pintar


Listrik prabayar ini dinamakan listrik pintar, merupakan solusi isi ulang dari PLN

Pada sistem listrik pintar, pelanggan mengeluarkan uang/biaya lebih dulu untuk membeli energi listrik yang akan dikonsumsinya. Besar energi listrik yang telah dibeli oleh pelanggan dimasukkan ke dalam Meter Prabayar (MPB) yang terpasang dilokasi Pelanggan melalui sistem token (pulsa) atau stroom.

Keuntungan Listrik Pintar

1. Pelanggan bisa setiap saat memantau pemakaian listrik sehari-hari, sehingga bila dirasa boros maka pelanggan dapat mengerem pemakaian listriknya.
2. Pemakaian listrik dapat disesuaikan dengan anggaran belanja keluarga sehingga anggaran belanja keluarga lebih terkontrol sesuai kebutuhan dan kemampuan.
3. Tidak akan terkena biaya keterlambatan akibat lupa membayar tagihan listrik.
4. Tidak akan ada kesalahan pencatatan meter karena meter prabayar secara otomatis mencatat pemakaian listrik secara akurat.
5. Lebih mudah dalam peembelian pulsa listrik (voucher) karena jaringannya yang luas di lebih dari 30.000 ATM di seluruh Indonesia. Selain itu bisa juga didapatkan di loket pembayaran listrik online.

Dengan adanya listrik pintar ini, kami merasa sangat terbantu sekali, terima kasih PLN.

HARAPANKU BUAT PLN

Inilah harapan-harapanku buat PLN :

 

Harapanku yang pertama buat PLN – PLN Menerangi Indonesia

Aku pernah merasakan saat-saat masih belum ada listrik, dan sekarang merasakan juga betapa berharganya listrik yang kudapat. Aku bersyukur sekali bisa merasakannya, tetapi aku tau masih ada banyak desa di pedalaman terpencil yang masih belum bisa merasakan kehidupan yang terang bersama listrik. Aku sangat berharap sekali PLN bisa memenuhi kebutuhan listrik untuk daerah-daerah yang belum terjamah oleh listrik. Memang untuk memenuhi pasokan listrik itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi bisa dilakukan secara bertahap. Apalagi unit pembangkitan baru bisa dibangun dengan memanfaatkan tenaga alternatif seperti tenaga surya atau tenaga air. Bila tahap demi tahap dilakukan secara konsisten, maka visi PLN untuk menerangi seluruh daerah di Indonesia akan terlaksana.

Harapanku yang kedua buat PLN – Pemberian informasi kepada masyarakat

Harapanku yang kedua buat PLN adalah agar PLN bisa memberikan penjelasan kepada masyarakat terutama di daerah dan desa terpencil yang minim informasi, dan sangat memerlukan sekali penjelasan panjang lebar tentang PLN. Untuk menjelaskan kepada para penduduk desa terpencil seperti ini sangat membutuhkan ekstra tenaga dan kesabaran yang luar biasa karena ketidaktahuan masyarakat yang biasanya minim pendidikan. Penjelasan bisa dilakukan secara bertahap, yang penting masyarakat mengerti terlebih dahulu secara umum tentang PLN, baru kemudian hal-hal yang lebih spesifik dan mendetail. PLN bisa menjelaskan cara pembacaan meteran listrik, cara pembayarannya dan juga apa yang harus dilakukan jika ada korsleting listrik dan hal umum lainnya. Setelah masyarakat mengerti, barulah hal-hal yang lebih spesifik seperti program-program PLN ke depan bisa dijelaskan juga.

Harapanku yang ketiga buat PLN – Kurangi pemadaman

Untuk gangguan serius yang memerlukan penanganan dan perbaikan generator, otomatis listrik akan dimatikan sementara, dan pelanggan pastinya juga akan memakluminya. Tetapi jika terjadi berulang kali dan PLN tidak berinisiatif memberikan unit pembangkit lain sebagai pasokan cadangan sementara untuk mengganti listrik ke pelanggan, maka akan terjadi kekecewaan pelanggan kepada PLN.

Begitu juga jika ada pemadaman rutin dan bergilir, yang semestinya memang sudah dijadwalkan, hendaknya diinformasikan terlebih dahulu kepada pelanggan sehingga ada persiapan sebelumnya. Aku saja yang seorang ibu rumah tangga biasa merasa sangat kewalahan jika ada pemadaman mendadak, apalagi buat pekerja industri kecil terlebih industri dalam skala besar. Pekerjaan akan terbengkalai dan banyak sekali kerugian yang ditimbulkan. Untuk pemadaman listrik, aku melihat tahun-tahun terakhir ini dibanding tahun-tahun sebelumnya, sudah jarang sekali terjadi pemadaman (berdasar pengalaman pribadi). Salut kepada PLN, dan aku berharap supaya PLN terus berupaya mengurangi pemadaman yang bisa membuat kerugian dan ketidaknyamanan pelanggan.

Harapanku yang keempat buat PLN – Peningkatan kualitas pelayanan petugas PLN

Aku berharap sekali PLN bisa meningkatkan kualitas petugasnya dalam melayani pelanggan. Yang pertama adalah attitude dari petugas, sehingga tidak ada kesan petugas PLN itu sangar, tidak sopan dan hanya jika ada imbalan uang saja mereka mau melayani pelanggan. Hendaknya PLN bisa memberikan pengarahan kepada para petugas PLN, terlebih yang terjun langsung menangani gangguan PLN ke rumah pelanggan, agar melayani pelanggan dengan hati yang tulus, sehingga pada akhirnya semua petugas PLN dikenal sebagai petugas yang ramah dan disukai oleh pelanggan. Petugas yang juga cepat tanggap dalam menangani keluhan pelanggan.

Harapanku yang kelima kepada PLN – Dialog Interaktif antara PLN dan Pelanggan

Pelanggan bisa menyampaikan kritik dan keluhannya kepada PLN, pelanggan juga bisa memberikan masukan yang berguna kepada PLN. Pelanggan bisa juga menyampaikan harapan-harapannya kepada PLN agar PLN lebih maju lagi. Demikian juga dengan PLN, PLN bisa menampung semua aspirasi dari pelanggan dan juga bisa memaparkan semua rencana dan program-program PLN, baik yang sedang dijalankan sekarang atau yang rencana jangka panjang yang akan dilakukan. PLN dan pelanggan bisa berdialog secara interaktif, ada komunikasi dan keterbukaan yang terjalin antara PLN dan pelanggan, sehingga kedua belah pihak mendapatkan manfaatnya.

Harapanku yang keenam kepada PLN – Kenaikan tarif listrik diimbangi peningkatan pelayanan PLN

Kenaikan tarif listrik biasanya sangat memberatkan masyarakat , karena biasanya bila listrik naik, maka harga BBM dan juga harga kebutuhan barang-barang pokok juga ikut naik. Hal inilah yang seringkali menimbulkan protes dari masyarakat, terutama masyarakat kecil yang merasa terbebani. Rencana kenaikan tarif listrik dalam waktu dekat, meskipun dimaksudkan untuk meningkatkan perluasaan layanan listrik kepada masyarakat, seyogyanya juga harus dipertimbangkan secara matang. Kenaikan listrik nantinya harus diimbangi juga dengan peningkatan dari mutu, pelayanan dan produk dari PLN kepada masyarakat luas. Hendaknya ada komitmen dan bukti dari PLN sendiri yang bisa memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada masyarakat. Jika masyarakat sudah melihat bukti peningkatan pelayanan, produk dan mutu PLN, jika masyarakat sudah merasa terpuaskan, maka kebijakan rencana kenaikan tarif listrik bisa diajukan tanpa membuat kekecewaan masyarakat.

Harapanku yang ketujuh kepada PLN – Terciptanya PLN Bersih

Aku sangat berharap sekali agar PLN bersih benar-benar terlaksana. Dan PLN sudah memulainya dengan program Listrik pintar, serta pembayaran secara online yang sangat mempermudah pelanggan dan mendukung terciptanya PLN bersih. Aku sangat berharap sekali tiap personil dari PLN ini, mulai dari bawahan sampai atasannya benar-benar bisa menjalankan PLN bersih ini dengan kesungguhan dan kejujuran hati. Semuanya perpulang kepada diri sendiri, bertanggung jawab kepada diri sendiri. Karena jika tiap pribadi sudah benar-benar melaksanakan tugasnya masing-masing, jika PLN bersih sudah menjadi jiwa dari setiap pegawai PLN dari atasan sampai bawahan, maka otomatis PLN bersih akan benar-benar terlaksana.

AYO DUKUNG PLN !!

Selain berharap banyak kepada PLN, sebagai seorang pelanggan PLN kitapun juga wajib mendukung dan mengerti akan pentingnya listrik itu. Karena itu aku pribadi dan kita semua juga harus pandai menggunakan listrik dari PLN. Ayo kita mengadakan gerakan hemat listrik jika kita sedang tidak memerlukannya.

Sebagai contoh kecil saja:

Saat kita tidur janganlah lupa memadamkan listrik terlebih dahulu dan jangan biarkan televisi menyala tanpa ada yang melihatnya.
Sebagai pelanggan PLN yang baik kita pun hendaknya bisa membayar listrik tepat waktu. Dengan membayar listrik tepat waktu, itu menunjukkan bahwa kitapun peduli terhadap PLN.

Ayo dukung PLN dengan semua programnya agar PLN semakin maju dan berkembang…

Ayo dukung PLN agar benar terwujud PLN bisa menerangi seluruh Nusantara ….

agar benar terwujud PLN bersih dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme ….

agar benar terwujud motto PLN : Listrik untuk kehidupan yang lebih baik …..

agar benar terwujud keharmonisan antara PLN dan masyarakat Indonesia …

Ayo dukung PLN …!

************

Sumber berita :
http://www.pln.co.id/

Sumber gambar:

http://jaringnews.com/
http://www.pln.co.id/

 

 

12 Comments

  1. Awan October 19, 2012
  2. kekenaima October 19, 2012
  3. Nuzul Romadona Soedjito October 23, 2012
  4. aswi October 24, 2012
  5. Hotel di Bandung October 24, 2012
  6. Awan October 24, 2012
  7. Blogger Java October 24, 2012
  8. Nurul Habeeba October 25, 2012
  9. uni October 26, 2012
  10. uni October 26, 2012
  11. Pakde Cholik November 2, 2012
  12. Melly Feyadin November 6, 2012

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.