Fiksi

Postcardfiction – Ayah


Sang surya sudah tenggelam dalam peraduannya.  Di sebuah gubuk yang sederhana, keenam anak kecil duduk mengelilingi sebuah meja yang kumuh sementara sang ibu hanya tersenyum  mendengar celotehan mereka.  Mereka sedang menantikan kedatangan ayahnya yang akan membawa makanan untuk perut lapar mereka.

Malam semakin menjelang ketika terdengar langkah kaki yang mulai mendekat. Sedetik kemudian muncul sesosok tubuh yang mereka tunggu, tersenyum lebar sambil mengangkat bungkusan di tangannya tingi-tinggi.
“Hari ini kita bisa makan besar, lihat apa yang ayah bawa ..”
“Wow .. ayam goreng, ada kentang goreng juga ..!”

Mereka sabar menunggu ayahnya membersihkan diri, kemudian bergabung di meja makan itu.  Setelah berdoa dengan khusyuk, mengucap syukur kepada Sang Pencipta atas rejeki yang mereka terima malam itu, semuanya makan dengan lahap dan riang.

Setelah itu mereka lelap tertidur dengan senyum di bibir kecil mereka. Sang ayah dan ibu menatap wajah tak berdosa yang sedang pulas itu dengan senyum, meski didalam hati mereka ada rasa trenyuh dan kesedihan yang menyesakkan dada.  Kedua pasang tangan kasar yang mulai menua itu saling menaut, memberikan semangat satu sama lain … meski tanpa kata, hati merekalah yang berbicara … Mereka berdua pun akhirnya terlelap dengan hati pasrah dan rasa syukur kepada Sang Pencipta … Sang Pemberi hidup … Hidup yang bagi mereka meski berat penuh perjuangan tetapi tetap mereka terima sebagai anugerah dan tetap mereka syukuri dengan ikhlas.

***

Hari ini.. seperti  biasanya, sang ayah dengan peluh berlelehan di wajahnya tetap berjalan dengan tegar, tak menghiraukan sengatan sang surya yang seakan membakar kulit tubuhnya. Akhirnya dia berhenti di sebuah restoran  ayam goreng yang namanya cukup terkenal ,dipandangnya suasana ramai di dalam restoran itu dengan senyum bahagia. Berjam-jam dia menunggu, sampai senja mulai datang. Kemudian, perlahan dia berjongkok di sebelah tempat sampah yang ada di situ, membuka tutupnya dan mengulurkan tangannya yang renta ke dalamnya …….
**

Postingan ini diikutsertakan dalam #postcardfiction di @kampungfiksi.
Sumber gambar diambil dari sini .
Total kata : 298

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.