Kuliner

Mencicipi Kuliner Solo (Lagi)

 

Mencicipi Kuliner Solo

 

Waktu pergi ke Solo bulan lalu, aku dan suami cuma sempat mencicipi beberapa kuliner Solo. Penginnya sih mencicipi lebih banyak lagi, tapi waktunya sangat terbatas. Ntar kapan-kapan aja deh kalo ke Solo lagi berburu kuliner lainnya.

 

Ini 5 kuliner Solo yang sempat kami cicipi:

 

  1. Es buah di RM Lombok Idjo

Mencicipi Kuliner Solo

Es buah tanpa susu

 

Aku pesen es buahnya nggak pakai susu biar tambah seger saat diminum. Harga satu porsi es buah ini 14 ribu. Lumayan banyak sih isinya dan rasanya segaaar apalagi waktu itu kami memang sedang kehausan habis jalan kaki ke Mall.  Tempatnya ini masih terbilang dekat dengan Grand Orchid Hotel Solo. Jadi dari hotel nanti bisa jalan kaki belok ke arah kiri, sampai ujung jalan belok kiri lagi. Jalan dikit lagi udah sampai.

 

RM Lombok Idjo Solo
Jl. Gajah Mada 123 Telp. 0271-7652111
Ronggowarsito 167 (Depan RS PKU) Telp. 0271-7882111

 

2. Bakso Kadipolo

 

Mencicipi Kuliner Solo

Bakso halus

 

Nah tempatnya ini bersebelahan dengan RM Lombok Idjo. Selain bakso, ada aneka makanan Jawa disajikan prasmanan. Kita bisa pilih sendiri makanan yang kita inginkan. Untuk bakso kadipolo ini terdiri dari 3 pilihan yaitu bakso balungan, bakso urat dan bakso halus. Aku dan suamiku pesan semangkuk bakso halus aja beserta satu es jeruk. Harga semangkuk bakso ini 15 ribu, sedangkan es jeruknya 6 ribu. Makannya dibagi dua, sudah kenyang habis minum es buah sebelumnya.

 

Bakso Kadipolo
Jl. Ronggowarsito No.163, Solo Telp. 0271-716319

 

3. Timlo

Nah ini Mama yang beli, dibungkus buat sarapan waktu itu. Sayangnya aku lupa motret si timlo ini, sudah keburu dimakan habis hahaha. Daging ayamnya berbentuk filet dibalut tepung, ada telornya juga. Kuahnya gurih, enaaaak.

Baca juga: Mencicipi Kuliner Solo

 

4. Seafood Pak Petruk

Hari Sabtu malam, jalanan rame, kami memutuskan makan di sekitaran hotel aja. Kebetulan di seberang hotel ada yang jual nasi liwet. Tapi ternyata sudah habis. Yah, kami kecewa banget karena yang kami cari waktu itu memang nasi liwet. Akhirnya kami jalan lagi kearah kanan dan nemu depot Seafood Pak Petruk yang menjual aneka seafood dan chinese food. Karena udah lapar kami memutuskan untuk makan di situ aja.

Rame sekali waktu itu, jadi kami harus rela antri untuk dapat tempat duduk. Kami pesan fuyung hai, cap cay dan ikan. Menurutku rasanya biasa aja, cuma memang harganya murah, sekitar 30 ribuan. Mungkin masakan seafoodnya seperti kerang dan kepiting asam manis yang lebih enak dibanding masakan chinese foodnya.

 

Seafood Pak Petruk,
di Jl. Gajah Mada 48, depan Hotel Grand Orchid.

 

5. Selat Solo mbak Lies

Selat Solo mbak Lies ini rasanya enak dan tempatnya juga unik. Sudah kuceritain di postingan terpisah ya, bisa dibaca di postingan: Menikmati Selat Solo di Warung Selat Mbak Lies.

 

6. Nini Thowong

 

Mencicipi Kuliner SoloTahu acar ini rasany asem-asem seger. Enak!

 

Dulu pernah makan gudeg nini thowong dan penasaran pengin nyicipin es nini thowongnya yang katanya terkenal enak itu. Akhirnya kesampaian nyobain es nya juga. Memang enak, sirupnya wangi dan rasanya segaaar, tapi porsinya nggak seberapa banyak ternyata. Lagi-lagi nggak sempat motret, hanya makanannya aja yang kupotret. Ini makan juga cepet-cepetan karena dikejar waktu, mau ke stasiun untuk balik pulang ke Jember.

 

Mencicipi Kuliner Solo

 

Nasi langgi

 

Mencicipi Kuliner SoloGalantine

 

Kami makan disana tahu acar dan nasi langgi. Aku suka tahu acarnya, rasanya asem-asem segeeeer. Sedaaap! Galantin nya juga enak. Nasi langginya terdiri dari nasi, suwiran empal dengan rasa manis, krengsengan kentang, serundeng dan sambal. Nasi langgi buatku nggak terlalu istimewa, aku lebih suka nasi gudegnya. Kami pesan 2 kotak nasi gudeg tahu buat makan malam di kereta. Porsinya pas, nggak terlalu banyak juga nggak terlalu sedikit.

 

Mencicipi Kuliner SoloAku suka gudeg Nini Thowong ini, gudegnya nggak terlalu manis, pas di lidahku.

 

RM Nini Thowong
Jalan Arifin No. 59, Kepatihan Wetan, Jebres, Solo
Telp. +62 271 632611

 

Itu beberapa kuliner Solo yang sudah kucoba. Masih belum kesampaian makan nasi liwet, serabi notosuman, soto gading dan kuliner lainnya yang seabrek itu. Semoga bisa pergi dan mencicipi kuliner Solo (lagi).

 

 

42 Comments

  1. Okti January 13, 2017
    • Lianny January 13, 2017
  2. Rach Alida Bahaweres January 13, 2017
    • Lianny January 13, 2017
  3. Witri Prasetyo January 13, 2017
    • Lianny January 13, 2017
  4. Sandra Nova January 13, 2017
    • Lianny January 13, 2017
  5. ratna dewi January 13, 2017
    • Lianny January 13, 2017
  6. Lingga January 13, 2017
    • Lianny January 13, 2017
  7. Ila Rizky January 14, 2017
    • Lianny January 14, 2017
  8. indah nuria January 14, 2017
    • Lianny January 14, 2017
  9. Lucky Caesar Direstiyani January 14, 2017
    • Lianny January 14, 2017
  10. nitalanaf January 14, 2017
    • Lianny January 16, 2017
  11. Hastira January 15, 2017
    • Lianny January 16, 2017
  12. Dewi Nielsen January 15, 2017
    • Lianny January 16, 2017
  13. Ilham January 15, 2017
    • Lianny January 16, 2017
  14. Alaika Abdullah January 15, 2017
    • Lianny January 16, 2017
  15. April Hamsa January 15, 2017
    • Lianny January 16, 2017
  16. Blogmate Indonesia January 16, 2017
    • Lianny January 16, 2017
  17. Lusi January 16, 2017
    • Lianny January 17, 2017
  18. Pengunduran diri January 18, 2017
    • Lianny January 19, 2017
  19. Ria January 23, 2017
    • Lianny January 24, 2017
  20. Bunda Aisyah February 10, 2017
    • Lianny February 11, 2017
  21. sepatu murah jakarta February 16, 2017
    • Lianny February 16, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.