Tulisan Yang Menang Lomba/GA

Nyamannya Perjalanan Bersama Mobil Sahabat Petualang

Sekali lagi Blogdetik mengadakan lomba menulis blog, kali ini bekerjasama dengan Daihatsu . Tema lombanya adalah “Mobil Sahabat Petualang”. Blogdetik memang seru abis deh, pasti bertambah banyak yang ngeblog di Blogdetik nih … Smoga  Blogdetik makin berkembang maju yah ..

Kebutuhan akan mobil

Mobil sekarang ini bisa dikatakan menjadi suatu kebutuhan yang kadangkala terpaksa harus dipenuhi karena berbagai macam situasi dan kondisi, misalnya saja jika mempunyai anggota keluarga yang sudah tua, atau sebuah keluarga yang mempunyai dua atau lebih anak yang mulai beranjak besar. Tidaklah mungkin kalau harus berboncengan sepeda motor berame-rame 4 orang (Suami, istri, 2 anak apalagi kalau 3 anak). Masih memungkinkan jika anak-anak masih kecil, tetapi jika anak-anak badannya bertambah besar, berboncengan 3 orang apalagi 4 orang akan sangat berbahaya sekali. Apalagi jika akan melakukan suatu perjalanan jauh. Solusinya adalah menambah sepeda motor lagi, atau membeli sebuah mobil. Tentu saja dari segi keamanan, kebersamaan dan kenyamanan, pastilah membeli sebuah mobil merupakan pilihan yang lebih bijaksana, hanya saja memang diperlukan uang yang jauh lebih banyak dibanding membeli sepeda motor. Semua ini tentu saja tergantung pada pilihan masing-masing …

Beragam mobil banyak dipasarkan sekarang ini, dengan berbagai macam desain dan keunggulannya masing-masing. Ada mobil yang cocok sekali dipakai di dalam kota (city car) dengan bahan bakar yang irit, tetapi untuk melakukan perjalanan jauh dengan kondisi medan yang tidak mulus, seringkali menemui banyak kendala. Ada mobil yang boros bahan bakar tetapi desainnya bagus dan tergolong mewah. Ada mobil keluarga dan ada mobil yang khusus untuk pengiriman barang-barang. Sekali lagi, menentukan jenis mobil mana yang akan dibeli juga menjadi kebijaksanaan masing-masing dengan berbagai pertimbangan yang matang tentunya.

Bagi sahabat yang senang melakukan perjalanan jauh, berpetualang menjelajahi berbagai daerah, tentu akan sangat memerlukan mobil yang terbukti handal dan bisa menaklukkan segala rintangan medan yang akan ditempuh. Berpetualang dengan mobil yang tepat akan membuat perjalanan menjadi menyenangkan dan berkesan, apalagi jika dilakukan bersama dengan keluarga, pasti akan menjadi momen indah yang akan bisa dikenang seumur hidup.

Jejak Petualang Terios 7 Wonders – Sumatera Coffee Paradise


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumatera Coffee Paradise

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Saat membaca jejak petualang Terios 7 Wonders yang berhasil menaklukkan pulau Sumatera (Sumatera Coffee Paradise) sampai finish di titik nol kilometer di Sabang, aku betul-betul terpukau. Petualangan yang sangat menantang tapi berhasil dilalui dengan sempurna. Wah Daihatsu Terios 7 Wonders ini benar-benar cocok digunakan untuk bertualang melakukan perjalanan jauh karena sudah terbukti kehandalannya. Simak yuk jejak petualang Terios 7 Wonders di Sumatera Coffee Paradise ….

Petualangan Terios 7 Wonders dimulai pada tanggal 10 Oktober 2012. Tim petualang terdiri dari 10 orang jurnalis yang akan menggunakan tiga unit Daihatsu Terios TX-AT (2 unit) dan Terios MT (1 unit).

Rute Perjalanan Sejauh 3.657 km dari Jakarta sampai Sabang :

Dimulai dari Jakarta, Banten – Bandarlampung – Liwa – Bengkulu – Painan – Padang – Bukittinggi – Padangsidempuan – Spirok – Pematang Siantar- Medan – Banda Aceh dan berakhir di titik Nol Kilometer, Sabang.

Misi petualangan Terios 7 Wonders ini adalah :

A. Menggugah mata dunia akan kekayaan alam Indonesia khususnya pulau Sumatera yang kerap disebut sebagai Sumatera Coffee Paradise.

Ini adalah misi utama dari petualangan 7 Wonders. Sepanjang rentang perjalanan mulai dari Lampung hingga Sabang, terdapat tujuh spot produsen kopi yang akan menjadi bagian dari eksplorasi kekayaan alam dan budaya Indonesia selama perjalanan.


1. Liwa

Liwa merupakan salah satu penghasil kopi yang sangat terkenal di Sumatera. Ada 2 macam aroma kopi yang sudah dikembangkan di Liwa , yaitu kopi beraroma ginseng dan kopi beraroma pinang yang masing-masing mempunyai khasiatnya sendiri. Komposisi antara berapa banyak serpihan ginseng atau pinang kering dengan biji kopi yang disangrai sudah melalui beberapa kali ujicoba sehingga mendapatkan rasa yang pas. Selain kopi beraroma ginseng dan beraroma pinang, Liwa juga terkenal dengan kopi Luwak.

Proses pembuatan kopi luwak:

Biji kopi yang sudah dipetik disortir dulu. Pertama-tama cari yang warnanya merah rata dan bentuknya bulat. Kemudian direndam di ember berisi air. Biji yang terapung disortir. yang tenggelam dikumpulkan untuk diberikan pada musang Luwak. Musang Luwak ini nanti hanya memilih biji kopi yang terbaik untuk makanannya. Biji kopi yang dimakan ini selanjutnya terfermentasi dan keluar jadi kotoran berwujud biji kopi . Kotoran ini dikumpulkan dan dipisahkan agar tak lagi berbentuk gumpalan. Setelah itu baru dijemur hingga kering. Barulah biji kopi yang sudah bersih dan kering dibawa ke pabrik pengolahan kopi. Inilah alasan mengapa kopi luwak mahal sekali. Selain karena proses pembuatannya lumayan ribet, hanya kopi terbaik saja yang dimakan luwak.

2. Lahat

Lahat merupakan salah satu penghasil kopi terkenal di Sumatera. Budaya minum kopi sendiri sudah berlangsung sejak dahulu di Lahat. Di kabupaten Lahat banyak terdapat kebun kopi Hanya saja karena pemasarannya dikuasai tengkulak maka harga beli kopi dari petani kerap dipermainkan. Sehingga banyak yang mulai meninggalkan kebun kopi. Makanya perjalanan Terios 7 Wonders – Sumatera Coffee Paradise diharapkan bisa menggairahkan kembali para petani kopi di Lahat untuk mengolah kebun kopi yang lama ditinggalkan.

3. Pagar Alam

Pagar Alam merupakan daerah penghasil kopi terbesar di Sumatera.Sistem pengolahan kopi di Pagar Alam ini mirip dengan sentra kopi di Liwa dan Lahat. Perbedaannya adalah cara me-roaster biji kopi. Walaupun di Pagaralam – drum untuk me-roaster biji kopi sama dengan yang di Lahat tetapi untuk memutarnya sudah menggunakan mesin. Sementara untuk proses penggilingannya sama yaitu memakai 2 mesin. Pertama biji kopi dihaluskan jadi butiran kasar. Kemudian dipindah ke mesin satunya untuk dibuat makin lembut.

Tips. Untuk mengetahui buah kopi yang dijemur sudah kering atau belum. Coba ambil segengam lalu goyang-goyang. Nah, kalau di dalam buah kopi yang sudah dijemur ada bunyinya berarti biji di dalamnya sudah terpisah dengan dagingnya. Baru ini bisa diolah jadi biji kopi. Biasanya para petani kopi akan menyimpan buah kopi dalam kondisi masih terbungkus dengan kulitnya. Kalau disimpan masih dengan kulitnya akan lebih awet dan tak mudah menyusut.

4. Empat Lawang

Kopi di Empat Lawang ini sedikit berbeda karena merupakan hasil percampuran dari Arabica dan Robusta. Wujud aslinya Robusta tapi aromanya Arabica.

Kabupaten yang satu-satunya memakai biji kopi sebagai maskot daerahnya ini memang mempunyai tanaman kopi yang lumayan produktif. Hampir di semua tempat di daerah Empat Lawang memiliki kebun kopi yang hasilnya dapat diandalkan. Malah sebagian besar hasil panennya langsung mengalir keluar dari daerah Empat Lawang dan diberi cap atau diaku kopi oleh daerah lain.

Kopi di daerah ini benar-benar dimanfaatkan semaksimal mungkin. Selain biji kopi dijadikan maskot, kecintaan kepada kopi ini diwujudkan dalam tindakan-tindakan seperti : pegawai pemerintahan tiap Kamis juga memakai batik motif biji kopi, serta diadakan juga pembinaan pengrajin souvenir khas Empat Lawang dengan memakai bahan dari kayu kopi hasil peremajaan.

5. Curup

Curup merupakan salah satu sentra penghasil kopi di daerah Bengkulu. Selain kopi, tumbuhan yang paling sering ditemukan di kanan kiri jalan adalah pohon durian. Pemandangan alam di daerah ini juga sangat indah. Kopi Curup ini lebih dikenal orang dengan nama kopi Bengkulu.

6. Mandailing Natal

Dalam sejarah perkopian Indonesia, desa yang jadi pusat kopi Arabica pertama kali di tanam adalah Desa Pakantan – Mandheling Natal. Nama Desa Simpang Banyak Jae Ulu Pulud memang tidak disebutkan. Tapi bisa jadi ini juga salah satu pusatnya karena masih merupakan satu wilayah. Kopi di daerah tersebut sudah berusia puluhan tahun, bahkan mungkin ratusan tahun. Pohon kopi itu diwariskan secara turun temurun. Ada 2 jenis kopi yang terkenal di daerah tersebut, paling banyak kopi jenis Arabica, dan jenis kedua adalah kopi Robusta.

7. Takengon

Kopi Takengon ini lebih dikenal dengan nama kopi Gayo. Kopi Gayo sendiri merupakan kopi jenis Arabica dengan citarasa yang khas. Hebatnya lagi kopi ini sudah merambah ke Eropa Timur dan juga Amerika. Selain kopi Gayo Blendeed ada juga kopi dari Luwak liar yang sekarang mulai ramai digemari banyak orang.

Tips. Cara menikmati kopi luwak ternyata butuh trik khusus agar lebih nikmat. Air yang digunakan harus benar-benar mendidih. Dibutuhkan alat yang bernama ekspresso (berguna untuk menyaring kopi sekaligus menurunkan kadar keasamannya) sehingga kopi tak terasa tajam di perut ketika diminum.

Sungguh sangat disayangkan jika Sumatera Coffee Paradise ini akhirnya tenggelam dan tidak dikenal orang, padahal ini merupakan salah satu aset negara yang bisa dipromosikan ke manca negara. Misi Terios 7 Wonders untuk kembali mengangkat dan membuka mata dunia akan kekayaan alam Indonesia ini patut diacungi jempol dan harus kita dukung sepenuhnya.

B. Menguji Performa Daihatsu Terios 7 Wonders

Misi kedua adalah menguji performa Daihatsu Terios dengan beragam medan jalan yang memang sesuai dengan peruntukan Daihatsu Terios sebagai SUV sejati. Hal ini membuktikan brand Daihatsu Terios sebagai Sahabat Petualang benar-benar teruji sempurna. Bukti Nyata Ketangguhan Terios 7 Wonders Inilah bukti nyata ketangguhan Terios 7 Wonders dalam berpetualang dari Jakarta – Banda Aceh, bahkan sampai di titik Nol kilometer Indonesia.

Bukti nyata kehandalan Daihatsu Terios 7 Wonders:

1. Menaklukkan tanjakan terjal

14 Oktober 2012 – Perjalanan Daihatsu Terios bukan perjalanan yang semuanya mulus, perjalanan menuju kota Pagaralam agak sedikit bergelombang. Sekitar 20 menit keluar dari kota Lahat jalanan mulai berkelok-kelok. Memasuki perbatasan kota Pagaralam, kelokan jalanannya disertai dengan tanjakan terjal. Untuk mengatasi handycap ini, shifter matik Terios pun berpindah-pindah. Ketika tanjakan lumayan terjal agar akselerasi tetap terjaga posisi shifter bergeser ke L. Begitu sudah agak landai bergeser lagi ke 2 , D-3 dan juga D. Walaupun penuh dengan penumpang dan barang bawaan, ternyata ketiga terios yang terdiri dari 2 tipe matik dan 1 manual berhasil mengatasi tantangan jalanan ini.

2. Mengatasi jalur sempit dan berkelok-kelok

15 Oktober 2012- Jalanan ketika keluar dari kota Pagaralam menuju Tebing Tinggi melalui desa Jarai Pendopo sebenarnya cukup baik. Hanya saja tidak begitu lebar dan rutenya berkelok-kelok. Butuh kehati-hatian agar tak terjadi kecelakaan. Kondisi jalanan sendiri relatif sepi dengan pemandangan hutan di kanan dan kirinya. Karena kecepatan yang bisa diraih tak bisa terlalu kencang, maka waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan jarak tempuh kurang lebih 121,6 km sekitar 3 jam.

3.Ujian Ketahanan

18 Oktober 2012 – Perjalanan dari Bengkulu menuju Bukittinggi melalui Muko-Muko Padang memang sudah diprediksi bakal menguji fisik dan stamina. Baik anggota tim 7 Wonders maupun Tiga daihatsu Terios yang dipakai. Rute ini memang sengaja dipilih karena semenjak dari Jakarta hingga ke Bengkulu rute perjalanan lebih banyak melewati perbukitan. Saatnya menjajal jalanan di jalur pantai barat trans Sumatera. Selain cuaca panasnya lumayan menyengat berkisar 35 derajat Celcius, tikungan-tikungan yang ada juga lebih tajam. Sementara karakter tanjakan dan turunannya kurang lebih sama dengan jalur sebelumnya. Terjadinya gempa bumi beberapa waktu lalu membuat beberapa ruas jalan mengalami kerusakan bahkan ada yang longsor sehingga terpaksa dibuat jalur yang baru. Selain itu keadaan jalan juga tak begitu lebar membuat perjalanan sedikit terlambat. Tetapi akhirnya perjalanan inipun bisa dilalui dengan sempurna, Daihatsu Terios benar-benar mantap.

4. Jalanan Rusak dan berkabut

20 Oktober 2012 – Jalanan sepanjang Mandailing Natal Tarutung kondisinya tak stabil. Sebagian mulus sebagian lagi rusak parah karena perbaikan jalan yang belum juga selesai. Bekas jembatan yang putus karena banjir bandang sudah diperbaiki. Jalanan tanah berbatu lagi-lagi menguji ketangguhan suspensi Terios. Meski mengalami slip dan kendala di bagian rem, tetapi berkat kesigapan semua anggota, Terios dengan mantap kembali melaju ke jalan raya melanjutkan perjalanan.

Jalanan berkabut saat keluar dari Takengon pun dilalui dengan mantap oleh Terios 7 Wonders.

C. Aksi Peduli Sesama

Terios 7 Wonders juga melakukan Aksi Peduli Sesama – Corporate Social Responsibility (CSR). Program ini disinergikan dengan program CSR PT. Astra daihatsu Motor (ADM).

Pemberian bantuan diberikan kepada Posyandu binaan dan UMKM ( Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di wilayah Bengkulu dan Medan.

21 Oktober 2012 – Di Medan acara simbolis penyerahan bantuan kepada 2 Posyandu dan 5 UMKM dilakukan di dealer Daihatsu, Jalan Sisingamangaraja no. 170, Medan. Kedua Posyandu binaan yaitu Posyandu Kenanga 1 dan Mawar XII. Sedangkan UMKM yang mendapat bantuan adalah Wolken (pembuat bantal + guling), Keripik pisang Bu Nur, Keripik Cap Merak, Berkat Rahmat dan juga Sirup Markisa Brastagi Bee. Total bantuan program ini nilainya mencapai lebih dari Rp. 200 juta.

25 Oktober 2012 – Jadwal kepulangan tim Terios 7 Wonders kebetulan memang sangat berdekatan dengan hari raya idul Adha. Sebelum pulang dengan mengenakan pesawat udara pada sore harinya, PT ADM dan juga tim Terios 7 Wonders menyerahkan 3 ekor sapi untuk dijadikan hewan kurban. Ini salah satu bentuk ucapan syukur kami karena program Terios 7 Wonders Sumatera Coffee Paradise sudah berhasil dilaksanakan tanpa ada hambatan yang berarti. 3 ekor sapi ini melambangkan 3 Terios yang kami bawa dari Jakarta hingga Aceh, ” komentar Rio Sanggau salah satu petinggi ADM ketika menyerahkan 3 ekor sapi pada panitia kurban di Masjid Raya – Banda Aceh.

Finish di Nol kilometer

Rangkaian perjalanan panjang tim Terios 7 Wonders sepanjang 3.657 km selama 15 hari berakhir di tugu “Nol” Kilometer tepat pukul 12.48 WIB pada tanggal 24 Oktober 2012. Dari sinilah pengukuran luas wilayah Indonesia dimulai.

“Selamat! Terima kasih tim Terios 7 Wonders sudah berhasil mennyelesaikan seluruh etape perjalanan panjang ini tanpa ada kendala berarti. Terbukti Terios adalah SUV yang tangguh!” komentar Amelia Tjandra Direktur Marketing PT ADM.


Secangkir kopi lambang persahabatan


 

 

 

Secangkir kopi lambang persahabatan

Secangkir kopi lambang persahabatan

 

 

 

 

Aku pribadi sangat terkesan dengan petualangan dari Terios 7 Wonders ini, ternyata masih banyak daerah di Indonesia yang masih belum kukenal, termasuk Sumatera Coffee Paradise ini. Dan ada satu hal sederhana yang bisa kupetik juga, hal sederhana yang sangat dalam maknanya. Secangkir kopi pun bisa mendatangkan pengaruh yang positif. Secangkir kopi lambang persahabatan membuat suasana yang nyaman, terbuka dan rasa persahabatan yang tulus. Sumatera Coffee Paradise pasti akan makin dikenal, tidak hanya bagi pengunjung local Indonesia tetapi juga di mancanegara. Secangkir kopi lambang persahabatan, tampak sederhana saja, tapi bisa mengharumkan nama Indonesia. Semoga surga-surga kopi ini tidak tersembunyi lagi ..

Cerita lengkap petualangan Terios 7 Wonders menjelajahi Sumatera Coffee Paradise bisa dibaca di : daihatsu.co.id

Tips. Perawatan mobil sebelum melakukan perjalanan jauh 

1. Mesin harus di tune-up, ganti platina dan busi, serta periksalah kabel delco. hal ini sebaiknya dilakukan seminggu sebelum bepergian jauh misalkan mudik, sehingga anda masih sempat melakukan tes kendaraan.

2. Gantilah tali kipas dan tali AC berkala, jangan lupa membawa tali kipas cadangan, bungkus kembali dengan isolasi.

3. Gantilah oli mesin berkala, dan jangan lupa memeriksa lubang pembuangan, jangan sampai ada rembesan oli. Juga periksa oli gardan dan oli persneling.

4. Periksalah radiator. Kalau perlu diservis, agar perputaran air lancar. Periksa selang penghubung ke mesin, kalau ada yang sudah menggelembung sebaiknya diganti.

5. Periksalah dinamo starter, alternator, kalau perlu diservis.

6. Gantilah aki bila sudah lemah, bila memakai AC sebaiknya menggunakan aki dengan ampere yang lebih besar.

7. Khusus untuk mesin diesel, sebaiknya gantilah oli mesin.

8. Jangan lupa memeriksa minyak kopling/rem, tambahlah bila kurang.

9. Periksalah sistem rem, ganti kanvas rem bila sudah tipis, demikian pula dengan rem tangan.

9. Persiapkan selalu ban cadangan.

Daihatsu Terios 7 Wonders – Mobil Sahabat Petualang

Keberhasilan Daihatsu Terios 7 Wonders mengeksplorasi Sumatera Coffee Paradise sampai di titik nol kilometer ini tak lepas dari 7 wonders yang dimilikinya.

Tujuh keajaiban ( 7 Wonders ) Daihatsu Terios:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7 Wonders

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Wonder 1 : . The Only 7 Seeter SUV

Mobil Daihatsu Terios ini merupakan satu-satunya mobil SUV (Sport Utility Vehicle) yang menyediakan 7 kursi penumpang, sehingga sangat cocok digunakan untuk mobil keluarga. Alangkah sangat menyenangkan bisa berpetualang bersama keluarga tercinta.

Wonder 2 : Easy Access Entertainment

Mobil Daihatsu Terios dilengkapi dengan system pengoperasian audio yang ada pada stir pengemudi sehingga memudahkan para penumpang menikmati lagu dan hiburan sepanjang perjalanan.

Wonder 3 : Tough Style

Daihatsu Terios mengusung tampilan yang sangat tangguh dan gagah, cocok sekali untuk menikmati sensasi petualangan di sepanjang perjalanan. Siapapun akan bangga bila mengendarai mobil Daihatsu Terios ini.

Wonder 4 : City Cruiser, High Ground Clearance

Mobil Daihatsu Terios ini dirancang dengan high ground clearance sehingga memberikan kenyamanan berkendara yang optimal. Nyaman digunakan di segala medan, baik pada jalanan yang tidak rata dan bergelombang, jalanan terjal, kasar dan berbatu.

Wonder 5 : Easy Handling – Electric Power Steering

Mobil Daihatsu Terios ini menggunakan electric power streering pada system kemudinya, sehingga putaran kemudi menjadi lebih ringan, hal ini sangat memudahkan pengendalian mobil di segala jenis medan sepanjang perjalanan.

Wonder 6 : Optimal Comfort Suspension

Mobil Daihatsu Terios ini memberikan kenyamanan yang sangat sempurna karena mampu meredam guncangan dan getaran saat berkendara di jalanan yang tidak rata.

Wonder 7 : Excellent Strengh Performa

Mobil Daihatsu Terios ini menggunakan kekuatan mesin 1,5 DOHC VVT-I yang sangat handal sehingga performanya benar-benar tangguh dan kuat dalam berpetualang di jalanan.

Jatuh Cinta pada Daihatsu Terios

 

 

 

 

 

Setelah membaca dan mengikuti semua rangkaian cerita dari Terios 7 Wonders dalam menaklukkan tantangan perjalanan ini, aduhh… rasanya pengen banget punya mobil Terios ini, kalau kata romantisnya sih … Aku sudah jatuh cinta pada pandangan pertama sama si Terios ini !! Woah …

Gimana tidak jatuh hati coba, apa lagi sih yang masih kurang pada si Terios? Aku pribadi juga punya alasan tersendiri sih kenapa pengen sekali punya mobil Terios si sahabat petualang ini.

Ini dia beberapa pengalaman pribadi yang membuatku ingin memiliki mobil Daihatsu Terios :

Aku memang termasuk orang yang tidak terlalu suka bepergian, lebih senang di rumah saja daripada di jalanan. Akan tetapi pada saat-saat tertentu, misalnya saat anak-anak liburan sekolah kenaikan kelas, liburan idul fitri atau libur natal dan tahun baru, biasanya suka ngumpul bareng-bareng dengan keluarga, baik keluarga kami sendiri berlima ataupun keluarga besar. Dan tentu saja kami melakukan perjalanan menggunakan mobil. Yang menjadi masalah adalah jika tempat tujuan itu jalannya menanjak dan berkelok-kelok, gimana ndak ngeri… hiiiyy … ngeri dong, tentu saja selain keahlian menyetir juga diperlukan kondisi mobil yang tangguh.

Kebayang nggak sih kalau mobil yang kita tumpangi itu tidak kuat naik di jalan yang menanjak, terus melorot mundur gimana, iya kalo kondisi jalan sepi, kalau kondisi jalannya ramai .. depan dikit ada mobil … dibelakang juga ada… woahh bisa gawat…gawat…

Suamiku pernah ngalamin lho saat pergi bareng sama teman-teman sekolahnya saat SMA dulu, suamiku yang menyetir mobilnya, jalanan saat itu menanjak dan mobilnya tidak kuat naik, alhasil sedikit-sedikit mobil itu mundur, untung saja jalanan saat itu masih sepi, teman – temannya pada meloncat keluar mobil dan bergegas mencari batu-batu di pinggir jalan, kemudian mobil itu diganjal pake batu supaya tidak mundur. Setelah mobil berhenti mereka beramai – ramai mendorong mobil itu agar kuat naik … hhhh.. akhirnya bisa naik juga tuh mobil.

Saat perjalanan ke Tretes, Malang … jalanan juga menanjak (yang paling ngeri kalau tanjakannya tajam banget) dan berkelok-kelok … ini yang paling sering kami kunjungi saat Liburan Idul Fitri. Tempatnya sih memang sejuk, tapi membayangkan perjalanan kesananya itu yang membuat semangat kendur duluan. Anehnya sih keluarga besarku tuh kok tidak bosan-bosannya ya pergi ke tempat-tempat yang jalannya selalu menanjak gini. Karena semua keluarga besarku oke, ya mau nggak mau kita ngikut aja deh. Mobil kami termasuk mobil yang sangat cocok dipakai dalam kota, tetapi untuk melakukan perjalanan jauh yang jalannya menanjak, rasanya sih kurang cocok. Terkadang sampai keluar bau kebakar, gimana tidak ngeri coba. Jadi setiap kali kesana dan saat melewati banyak tanjakan yang berkelok-kelok, hati ini selalu was-was, bisa nggak sampe ke atas ya? Mulut ini selalu komat-kamit berdoa dalam hati … hhhh… lega banget kalau sudah melewati tanjakan ..#usap peluh#..

Tahun lalu, kami melakukan perjalanan dari Jember ke Bali dengan mobil sendiri. Kami belum pernah sekalipun pergi ke Bali dengan mengendarai mobil pribadi, ceritanya ini ya nekat aja, suami nyetir sendiri, semoga sampai .. Perjalanan ke arah Banyuwangi melewati juga jalanan menanjak dan berkelok-kelok, untung kami berangkatnya tidak terlalu pagi, jadi jalanan bisa terlihat dengan jelas. Jalanan menanjak berkelok-kelok ini lumayan lama juga sih, ada 1/2 jam -an lebih. Kalau perjalanan dilakukan saat malam hari, wah bahaya juga sih, karena kiri kanan itu jurang. Dari jam 4.30 pagi akhirnya kami sampai di Bali sekitar jam 2 siang, nyasar nyasar meski sudah berhenti berkali-kali untuk menanyakan jalan ke penduduk.Saat hendak pulang kembali ke kota Jember, kami menyempatkan mengunjungi Pantai Lovina Bali untuk melihat lumba-lumba, ternyata perjalanan kesana juga membuat kami yang baru pertama kali pergi dengan modal nekat ini, sempat was-was karena banyak tanjakan dan jalan yang berbelok-belok, apalagi saat itu jalanan licin karena hujan.

Berdasar berbagai pengalaman pribadi inilah, aku sangat menginginkan sekali sebuah mobil yang terbukti tangguh dan bisa menaklukkan berbagai medan jalan yang berat, sebuah mobil yang bisa memberikan kenyamanan selama perjalanan, apalagi perjalanan jauh bersama anak-anak yang masih kecil. Semoga saja suatu saat aku bisa memiliki mobil Daihatsu Terios yang sudah terbukti tangguh ini.

Yang bukan petualang gimana dong?

Untuk para sahabat yang tidak senang berpetualang pun, mobil Terios ini juga merupakan pilihan yang ideal kok sebagai mobil keluarga. Apalagi yang mempunyai anak lebih dari dua, pasti akan merasakan kenyamanan yang lebih tentunya. Duduk akan lebih leluasa, lebih nyaman dan lebih santai sambil menikmati lagu2 yang berkumandang … perjalanan tidak akan terasa membosankan… tau2 udah nyampe di tujuan … Terios dengan 7 wonders -nya … benar-benar sempurna .. .

Simak deh sedikit review tentang Daihatsu Terios dibawah ini ….

REVIEW : The New Terios – Play Your Wild Side

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

The New Terios - Play Your Wild Side

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tampilan dashboard dan interior

Spesifikasi

Terios yang digunakan untuk menjelajahi Sumatera Coffee Paradise adalah Terios TX-AT (2 unit) dan Terios MT (1 unit).

Ini adalah spesifikasi dari Terios Type TX 1.5 M/T (Lihat detail di : daihatsu.co.id ) :

Gaya sporty

Gaya sporty

Warna

 

 

 

 

 

 

 


Pilihan warna Terios


 

 

 

 

 

 

 

 

Warna yang ditawarkan adalah : Classic silver Metallic, Icy White, Midnight Black, Dark Grey Metallic, Royal Red dan Sand Gold.

>>> Detail tentang Daihatsu Terios bisa dilihat di daihatsu.co.id <<<


Penghargaan yang diraih Daihatsu :

Banyak sudah penghargaan yang diraih oleh Daihatsu ini, baik di tahun 2012 maupun tahun-tahun sebelumnya. Penghargaan yang diraih di tahun 2012 ini antara lain:

Penghargaan Auto Bild Indonesia

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam ajang Auto Bild Award 2012 (14/11) menerima tiga penghargaan dari majalah Auto Bild Indonesia. Hal ini menunjukkan, betapa ADM selalu dapat menjaga kualitas produk serta pelayanan yang maksimal kepada pelanggan setianya maupun teman-teman media sebagai rekan kerja. Adapun ketiga penghargaan tersebut adalah :

1. APM Care for Community. Penghargaan ini ditujukan karena ADM gencar melaksanakan program-program CSR nya. Adapun kegiatan berkesinambungan yang menjadi penilaian bagi majalah Auto Bild Indonesia yaitu Program Daihatsu Sahabat, yang mencakup kegiatan pembinaan UKM dan Posyandu binaan. Misi social serta misi turut memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, menjadi nilai kuat atas layaknya Daihatsu mendapatkan penghargaan ini.

2. The Best People Carrier. Penghargaan ini jatuh pada Daihatsu All New Xenia. All New Xenia, dinilai dapat mengakomodir kebutuhan penggunanya akan sebuah mobil yang dapat mengangkut banyak orang, mendukung kenyamanan, dan pastinya value for Money.

3. Lifetime Achievement. Penghargaan yang ditujukan untuk Sudirman MR selaku Presiden Direktur PT ADM, merupakan bentuk apresiasi Auto Bild Indonesia. Pak Dirman (begitu beliau biasa disapa) dinilai memiliki ethos kerja serta dedikasi yang tinggi untuk dapat berperan memajukan industry otomotif di Tanah Air. Pak Dirman sendiri dinilai sebagai figure yang ulet dengan merintis pekerjaan nya dari bawah. Rentang pegalaman inilah, yang membuat Pak Dirman juga sukses meningkatkan kepercayaan masyarakat Indonesia khususnya pengguna mobil, terhadap brand Daihatsu.

Penghargaan lain yang diraih Daihatsu pada tahun 2012 :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penghargaan yang diraih Daihatsu pada 2012

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Penghargaan yang diraih Daihatsu 2012


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Semua penghargaan ini bisa dipakai sebagai sebuah pembuktian bahwa Daihatsu tidak semata hanya mengejar angka penjualan, namun juga turut memikirkan aspek lainnya yang pastinya akan bisa memberikan keuntungan bagi banyak pihak, terutama pengguna setia Daihatsu.

Jadi buat para sahabat petualang yang ingin membeli sebuah mobil, Daihatsu Terios ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Buat keluarga yang menginginkan kenyamanan dalam perjalanan, mobil Daihatsu Terios ini juga merupakan pilihan yang ideal. Nikmati perjalanan bersama Daihatsu Terios, perjalanan sahabat akan menjadi kenangan indah yang tak akan terlupakan …

Tips. Perjalanan Jauh menggunakan mobil:

1. Kendarai mobil yang sudah terbukti handal untuk melakukan perjalanan jauh, seperti : Daihatsu Terios 7 Wonders – Mobil sahabat petualang.

2. Lakukan perawatan mobil sebelum melakukan perjalanan jauh.

3. Kendarailah mobil dengan hati-hati. Istirahatlah dulu jika lelah atau mengantuk.

4. Selalu gunakan sabuk pengaman, termasuk juga jok belakang.

5. Bawa selalu peralatan darurat seperti: kunci roda, dongkrak, kunci pas, kunci ring berbagai ukuran, obeng kembang, tang, pompa ban elektrik atau pompa injak dll.

6. Bawa selalu kotak P3k dan obat-obatan pribadi, apalagi jika membawa anak kecil.

7. Berdoa


“Selamat berpetualang sahabat…

Jadikan momen perjalanan itu menjadi momen indah yang akan dikenang selamanya …”

Postingan ini diikutsertakan dalam lomba yang diadakan oleh BLOGdetik bekerja sama dengan Daihatsu dengan tema “Mobil Sahabat Petualang”.

 

Sumber gambar dan berita :

http://www.daihatsu.co.id/terios7wonders/news/

http://www.daihatsu.co.id/corporate/awards

http://www.daihatsu.co.id/products/interior/terios

http://www.daihatsu.co.id/products/variant/terios

http://www.daihatsu.co.id/products/highlight/terios

http://daihatsu.co.id/news/read/306/Penghargaan-Auto-Bild-Indonesia-Untuk-Daihatsu

http://dealermobilbekasi.blogspot.com/2012/05/daihatsu-terios.html

http://indonesiaindonesia.com/f/33181-perawatan-mobil-tips-perjalanan/

10 Comments

  1. yati rachmat November 23, 2012
  2. diNa November 24, 2012
  3. cepy November 25, 2012
  4. Doet November 26, 2012
  5. agnes26 November 26, 2012
  6. Awan December 6, 2012
  7. Awan December 7, 2012
  8. SEO Bisnis Online December 10, 2012
  9. theo February 5, 2013

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.