Personal

Nostalgia Jajanan Jadul

 

Coba tanya, anak-anak sekarang suka makanan / jajan apa?

Pizza, ayam goreng, spaghetti, nugget, sosis, kentang goreng …. Hampir semua makanan itu kesukaan anak-anak sekarang. Waktu aku kecil dulu, masih belum ada makanan-makanan itu, baru mencoba saat sudah kuliah.

Pertama kali mencoba makan pizza, aneh banget rasanya. Saat kulirik teman-teman lain, kok mereka kelihatannya begitu menikmati makan pizza nya, ya sudah akhirnya aku juga pura-pura menikmati, meskipun dalam hati berkata, “kok gini sih rasanya?” hahaha. Untung saat itu makannya cuma satu potong aja 😀

Ya, meskipun akhirnya lidah bisa menerima juga setelah makan beberapa kali. Tetep seneng sih, karena makan gratis alias ditraktir temen yang sedang ultah hihi. Heran, waktu kuliah dulu saat temen ultah, kok banyak mentraktir makan pizza.

Kadang-kadang pengin juga sih makan makanan jadul saat aku kecil dulu *mulai deh hobby bernostalgia nya kambuh lagi. Yang masa kecilnya di era 90-an, pastilah kangen juga dengan jajajan 90an, kan? Kalo aku suka kangen dengan jajanan 80-an, karena masa kecilku di era 80-an *ketahuan deh umurnya berapa.

Jajanan jadul yang sering kumakan saat aku kecil dulu apa ya? Hhhm rasanya semuanya enak-enak. Aku suka makan wafer Superman, telur cicak, Anak Mamee, krip-krip, kacang yang dibalut dengan gula merah bentuknya bulat gepeng, kacang yang manis pedes, manisan / permen buah ( itu tuh yang warna ungu, berbentuk bulat tipis-tipis ), permen milk rabbit, permen mr. sarmento, cokelat koin warna kuning, permen manis yang bisa dibentuk macam-macam sesuai keinginan kita (namanya gulali, kan? ), kue kering bulat kecil yang diatasnya ada gula manis warna-warni bentuk kerucut ( ini juga, namanya apa, ya? ) 😀

 

gulaliGulali, permen manis dengan bermacam bentuk ( Sumber gb : www.kaskus.co.id )

 

Aku suka roti tawar yang dilipat dan diberi es krim di tengahnya. Baru-baru ini, aku pernah nyobain es yang namanya es singapura, roti tawar yang diberi potongan es krim ditengahnya. Tapi aku lebih suka yang jadul dulu, roti tawarnya nggak gede, es krimnya juga nggak banyak, tapi rasanya mantap abis deh.

Minuman favorit, aku suka juga dengan es puter dan es yang bentuknya panjang banget, terus kalo kita beli sama abang penjualnya, es itu dipotong sekitar 10 cm dan ditusuk pake lidi yang agak tebal. Rasanya macam-macam, ada yang kacang hijau, santan, cokelat, ketan hitam, nangka dll. Nah, kalo es masa kecil ini, aku masih sering beli kalo mudik ke rumah ortu.

 

Silahkan ambil satu-satu es nya 🙂

 

Kalo di kantin sekolah waktu aku SD dan SMP, aku suka jajan bakso dan es temulawak, kadang es teh, meskipun harus antri dan berdesak-desakan hehehe.

Kamu, apa jajanan jadul favoritmu dulu? Share dong, pengin tau, sama nggak dengan jajanan kesukaanku? *pertanyaan ini buat yang masa kecil di era 80 ato 90-an yah 😀 Nostalgia jajanan jadul, yuk!

 

18 Comments

  1. Lidya April 2, 2015
    • Lianny April 6, 2015
  2. Ria Rochma April 4, 2015
    • Lianny April 6, 2015
  3. Keke Naima April 4, 2015
    • Lianny April 6, 2015
    • Fajrimada September 25, 2015
      • Lianny September 25, 2015
  4. Rizkylendes April 6, 2015
    • Lianny April 6, 2015
  5. Sri Wahyuni April 6, 2015
    • Lianny April 6, 2015
  6. Reni Judhanto April 7, 2015
    • Lianny April 8, 2015
  7. prima hapsari April 7, 2015
    • Lianny April 8, 2015
  8. penablog April 15, 2015
    • Lianny April 16, 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.