Personal

Kenapa Belajar Membuat Perut Cepat Lapar?

 

Sekarang anak sekolah sedang musim ujian, ya. Mungkin ada yang sudah selesai ujian, karena tiap sekolah nggak sama jadwal ujiannya. Kalo anak-anakku nanti hari Kamis adalah hari terakhir ujian.

Nah, yang suka rempong kalo anaknya ujian siapa hayoo? Pasti deh mamanya nih yang ikutan rempong hihi. Sama, aku juga!

Waktu anak-anak masih SD dulu, aku suka rempong ikutan menemani belajar dan memberi pertanyaan/soal setelah mereka selesai belajar karena memang semua anakku nggak les pelajaran lagi di luar jam sekolah. Aku memberi pertanyaan untuk memastikan saja, apakah memang mereka sudah bisa  menguasai materi yang dipelajari atau belum.

Mulai kelas 5 SD, mereka sudah belajar sendiri. Mamanya sudah nggak ikutan lagi deh tanya-tanya dan memberi soal, biarlah mereka mandiri dalam belajar. Lagian makin lama pelajaran mereka kok makin susah, mamanya ini malas juga belajar lagi hehehe.

Meskipun begitu, tetap rempong juga lho nyiapin cemilan buat anak-anak. Anak-anakku kalo musim ujian gini kok jadi suka nyemil. Mereka minta dibelikan cemilan buat teman belajar.

“Kalau nggak ada cemilan nggak bisa belajar,” kata anak-anak.

“Lha, mau belajar apa mau nyemil? Nanti fokusnya di cemilan aja dong.”

“Kalo ada cemilan baru bisa belajar, Ma.”

Ih kok kompak banget sih mereka itu. Eh tapi emang sih perut suka cepat lapar kalo sedang belajar. Jadi inget dulu waktu kuliah saat ngerjain skripsi. Aku bawaannya juga suka laper, pingin nyemil terus. Mulai dari roti, keju, biskuit lengkap deh ada di meja belajarku. Herannya, meski suka nyemil tapi badan tetap aja kurus, nggak bisa gemuk. Coba aja sekarang, nyemil sedikit langsung badan jadi melar hiks.

Makanya aku suka rempong nih kalo musim ujian gini, ditodong cemilan sama anak-anak. Jadilah chef abal-abal bikin aneka cemilan tiap hari, bikin donat, kroket dan pizza. Setelah hari ketiga, keluar deh malesnya, males bikin cemilan, beli aja lebih praktis hahaha. Makan terlalu banyak makanan manis juga nggak baik. Stok buah aja yang banyak, mereka paling suka apel, mangga, jeruk dan pisang. Kapan hari beli pepaya, kok malah aku yang menghabiskan, anak-anak nggak begitu suka.

 

kenapa belajar membuat perut cepat lapar?

 

 

Gambar di atas itu waktu ujian tahun lalu. Si sulung minta dibelikan camilan saat aku akan pergi ke supermarket. Kuminta dia menuliskan saja di kertas biar aku nggak lupa beli. Tau nggak, saat kertas itu diserahkan ke aku dan kubaca tulisannya, ya ampuuuuunnn itu daftarnya banyak buangeetttt *gubrak, mamanya langsung pingsan cantik hehehe.

Ya, akhirnya aku belikan juga sih waktu itu, tapi nggak semuanya dan dengan catatan nggak boleh langsung dihabiskan, itu buat seminggu dan dibagi bertiga.

 

 

Kenapa belajar membuat perut cepat lapar?

Apa bener ya belajar membuat perut cepat lapar? Penasaran, langsung googling deh. Ternyata memang salah satu faktor yang menyebabkan perut cepat lapar itu adalah stress. Bagi beberapa orang, belajar itu tidak menyenangkan dan bikin stress.

 

Dari hasil googling, ini beberapa alasan kenapa stress membuat perut cepat lapar :

  • Sejumlah studi menunjukkan, saat seseorang stres, ada kecenderungan ingin makan makanan tinggi lemak, asin dan manis. Hormon cortisol dan insulin menjadi penyebab keinginan makan yang sangat besar ketika stress. (Sumber wolipop.detik.com)
  • Saat stress, seseorang akan sulit mengontrol nafsu makannya. Hal tersebut disebabkan karena otak tidak fokus pada makanan, sehingga otak tidak menerima sinyal kenyang. Seorang psikolog dan ahli diet, Susan Albers, Psy.D., mengatakan bahwa untuk mencapai kenyang, seseorang harus fokus pada makanannya. (Sumber www.vemale.com)
  • Belajar membuat keadaan otak menjadi tegang, dan itu bisa merangsang keluarnya asam lambung. Jika asam lambung berlebihan, reaksi makanan yang ada dalam perut bisa berjalan cepat dan menyebabkan keadaan perut (lambung) bisa lebih cepat ke keadaan kosong. Perut yang kosong menyebabkan cepat lapar karena lambung tetap bekerja dan asam tetap keluar. (Sumber id.answers.yahoo.com)
  • Saat seseorang stress atau tertekan, detak jantung cenderung akan meningkat begitu pula dengan kinerja otot, seolah-olah mereka sudah mengeluarkan energi besar untuk lari maraton, padahal sesungguhnya tidak. Tubuh akan mencari makanan untuk mengisi kembali energi yang dihabiskan dalam mengolah stress. (Sumber bidanku.com)

 

 

kenapa belajar membuat perut cepat lapar?

 

Yup, itulah kenapa belajar membuat perut cepat lapar, bisa jadi rasa lapar bukan datang dari lambung tapi dari perintah otak. Intinya nih belajar itu memang bikin stress yah hahaha *ditimpuk buku 😀 

cemilan sehat

 

Tapi tiap orang beda-beda juga kok, ada yang kalo belajar malah malas bahkan lupa makan lho. Bikin enjoy aja deh supaya belajar menjadi menyenangkan dan sedia cemilan yang menyehatkan seperti buah-buahan.

Yuk, belajar lagi! 😀

 

 

58 Comments

  1. Sary Melati | @saryahd December 7, 2015
    • Lianny December 7, 2015
  2. Waya Komala December 7, 2015
    • Lianny December 8, 2015
  3. Hammad December 8, 2015
    • Lianny December 8, 2015
  4. HM Zwan December 8, 2015
    • Lianny December 8, 2015
  5. Anggarani Ahliah Citra December 8, 2015
    • Lianny December 8, 2015
  6. Ratna December 8, 2015
    • Lianny December 8, 2015
  7. leyla hana December 8, 2015
    • Lianny December 8, 2015
  8. Ika Listyani December 8, 2015
    • Lianny December 8, 2015
  9. Andhika Wiratama December 8, 2015
    • Lianny December 8, 2015
  10. Vita Masli December 8, 2015
    • Lianny December 8, 2015
  11. Ratna Dewi December 8, 2015
    • Lianny December 8, 2015
  12. Aiy Ayumna December 8, 2015
    • Lianny December 8, 2015
  13. Ika Puspitasari December 8, 2015
    • Lianny December 8, 2015
  14. Uniek Kaswarganti December 8, 2015
    • Lianny December 9, 2015
  15. Cepy December 9, 2015
    • Lianny December 9, 2015
  16. Ila Rizky December 9, 2015
    • Lianny December 9, 2015
  17. Reza Kurniawan December 9, 2015
    • Lianny December 9, 2015
  18. Anisa AE December 9, 2015
    • Lianny December 9, 2015
  19. Riva December 9, 2015
    • Lianny December 9, 2015
  20. beautyasti1 December 9, 2015
    • Lianny December 9, 2015
  21. Istiadzah Rohyati December 9, 2015
    • Lianny December 10, 2015
  22. Indah Nuria Savitri December 11, 2015
    • Lianny December 11, 2015
  23. Dedy Akas Website December 13, 2015
    • Lianny December 14, 2015
  24. Fita Chakra December 13, 2015
    • Lianny December 14, 2015
  25. Lidya December 14, 2015
    • Lianny December 14, 2015
  26. cputriarty December 15, 2015
    • Lianny December 15, 2015
  27. Buah Pir January 15, 2016
  28. citra nesa February 28, 2016
    • Lianny February 28, 2016
  29. lila June 29, 2016
  30. adhi hermavan July 20, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.