Personal

Berusaha Bijak Menggunakan Obat

 

berusaha bijak menggunakan obat

 

Salah satu hal yang bikin cemas seorang ibu adalah saat anak sakit. Apalagi jika anak-anak sakitnya barengan atau bergiliran. Haduh rempong banget pastinya yah. Suka nggak tega gitu kalo liat anak sakit dan tiduran aja di tempat tidur. Anak yang biasanya ceria jadi berubah lesu tidak punya semangat.

Nah, kalo sudah seperti itu biasanya pingin ngasih obat yang bisa membuat anak cepat sehat lagi. Anak radang tenggorokan, langsung pergi dokter dan biasanya diberi antibiotik. Anak demam, cepat diberi obat penurun panas, anak batuk pilek langsung diberi obat flu. Pinginnya anak langsung cepat sembuh aja, bisa masuk sekolah lagi, bisa mainan lagi.

Beberapa waktu lalu saat aku blogwalking ke blog salah seorang sahabat, aku membaca postingan tentang obat antibiotik. Membaca postingan itu, aku jadi diingatkan lagi agar tidak sembarangan menggunakan obat, terutama sekali obat antibiotik.

Obat antibitiotik yang dipake sembarangan dan diminum tidak sampe habis akan menyebabkan tubuh menjadi resisten, kebal dan tak akan mampu melawan kuman penyakit. Wuah harus bijak nih menggunakan obat.

Sekarang kalo anak demam, biasanya aku kompres dulu agar panasnya turun. Kalo sudah 38 derajat lebih barulah aku beri obat penurun panas. Anak-anak kalo batuk pilek juga nggak langsung kuberi obat, perbanyak minum hangat dan makan makanan sehat bergizi serta istirahat yang cukup kadang malah lebih cepat pulih kembali.

Satu hal baru lagi yang kudapat dari postingan tersebut adalah tentang cara menyimpan antibiotik yang tidak habis terpakai. Antibiotik itu ternyata nggak boleh dibuang di tempat sampah atau tempat terbuka karena dikhawatirkan antibiotik tersebut akan tercampur dengan bakteri yang ada, bakteri tersebut akan semakin kebal dan berbahaya bagi kita.

Yup, mulai sekarang aku akan berusaha bijak menggunakan obat. Yang terpenting adalah menjaga kesehatan, apalagi musim hujan gini banyak yang sakit jika daya tahan tubuh tidak optimal.

O’ya postingan yang kubaca tadi judulnya : bijak menggunakan obat dan antibiotik  ada di blog sahabat Waya Komala, seorang ibu dengan 2 orang anak yang pinter memasak, menyanyi dan menjahit. Miss Rendang buatannya banyak yang menggemari karena rasanya yang enak.

 

miss rendang

 

Inilah senangnya kalo blogwalking yah, selain menambah banyak sahabat dunia maya, juga banyak ilmu dan hal baru yang bisa kita serap.

Happy blogging!

 

32 Comments

  1. Cheila December 29, 2015
    • Lianny December 29, 2015
  2. Lidya December 29, 2015
    • Lianny December 29, 2015
  3. Waya Komala December 29, 2015
    • Lianny December 29, 2015
  4. Ade anita December 29, 2015
    • Lianny December 30, 2015
  5. Idah Ceris December 30, 2015
    • Lianny December 30, 2015
  6. @LizanoviaMHadi December 30, 2015
    • Lianny December 30, 2015
  7. rahmiaziza December 30, 2015
  8. Indah Nuria Savitri December 30, 2015
    • Lianny January 1, 2016
  9. Rizkylendes December 30, 2015
    • Lianny January 1, 2016
  10. Nur Annisa December 31, 2015
    • Lianny January 3, 2016
  11. astin January 1, 2016
    • Lianny January 1, 2016
  12. Vhoy Syazwana January 1, 2016
    • Lianny January 1, 2016
  13. fanny fristhika nila January 1, 2016
    • Lianny January 1, 2016
  14. cputriarty January 2, 2016
  15. Uniek Kaswarganti January 4, 2016
    • Lianny January 4, 2016
  16. Melly Feyadin January 5, 2016
    • Lianny January 5, 2016
  17. Elisa Koraag January 8, 2016
    • Lianny January 8, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.