Tulisan Yang Menang Lomba/GA

Aplikasi Anak Cerdas Solusi Belajar dan Bermain yang Aman dan Menyenangkan

 

Internet sudah menjadi suatu kebutuhan yang penting sekarang ini, apalagi ditunjang dengan kemajuan teknologi yang cukup pesat. Hanya dengan smartphone dan akses internet, berbagai hal bisa dilakukan secara online.

Anak-anak sudah banyak yang memegang gadget untuk bermain dan terkadang lebih pandai dari orang tuanya. Sebagai orang tua, ada sedikit kekhawatiran dalam mengizinkan anak memegang gadget mengingat banyak sekali aplikasi yang tersedia tidak semuanya cocok untuk anak.

Rupanya Acer Indonesia mengerti kekhawatiran orang tua ini dan membuat suatu aplikasi edukasi pertama yang hadir dalam bahasa Indonesia dengan konten sesuai materi pendidikan yang diajarkan di sekolah nasional, yang dinamakan Aplikasi Anak Cerdas.

Aplikasi anak cerdas memang aplikasi yang aman dan menyenangkan untuk anak-anak terutama anak berumur 6 – 12 tahun.  Bisa diunduh memakai tablet dan smartphone yang memiliki OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) dengan layar minimal 4,7 inch, RAM minimal 512 MB, dan kapasitas penyimpanan 1 GB.

 

gb 1 registrasi

 

Cara registrasi Aplikasi Anak Cerdas mudah sekali, tinggal unduh aplikasi Anak Cerdas di Google play store. Setelah itu registrasi dengan memasukkan email atau akun FB. Jaringan internet diperlukan saat awal registrasi, mengunduh suatu aplikasi, melihat artikel di dunia tekno, laporan bulanan ke email dan saat update aplikasi.

 

FITUR-FITUR APLIKASI ANAK CERDAS

 

3 menu utama di home

Terdapat 3 bagian fitur utama di home yaitu : Dunia Anak, Dunia Tekno dan Pengaturan. Selain itu ada juga fitur pendukung yaitu Tantangan Berhadiah dan Panduan. 

 

Sebaiknya pilih Panduan terlebih dahulu sebelum mencoba fitur lainnya, di situ akan dijelaskan fitur-fitur unggulan yang ada di aplikasi Anak Cerdas. Dalam Tantangan berhadiah anak-anak belajar berkompetisi secara sehat.

Yuk sekarang kita jelajahi semua fitur dari aplikasi Anak Cerdas ini.

 

I. DUNIA ANAK

jelajahi dunia anak

Dibagi menjadi 2 yaitu Mari Bermain dan Latihan, Yuk!

1. Mari Bermain

 

zona anak

 

Terdapat aplikasi terpadu, aplikasi terinstal dan pilih kategori.

Fitur Aplikasi terpadu ini akan menghadirkan berbagai macam aplikasi pilihan seperti permainan, edukasi dan buku cerita anak favorit. Aplikasi terinstal akan menunjukkan apa yang sudah kita unduh di aplikasi ini.

 

2. Latihan Yuk!

Untuk memulai buat terlebih dahulu profil anak, maksimum ada 3 profil yang bisa dibuat. Pada menu ini terdapat soal-soal pilihan yang sesuai dengan kurikulum dengan 4 mata pelajaran yaitu : Matematika, Sains, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia sesuai kelas yang diisikan pada profil anak tadi. Pilih bab dan level pelajaran. Dalam satu mata pelajaran terdapat 4 level, dan harus mendapat nilai minimum 16 untuk bisa naik ke level selanjutnya.

 

II. DUNIA TEKNO

dunia tekno

 

Dalam dunia tekno terdapat berbagai informasi yang sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan, dan akan terus diupdate oleh tim Acer Indonesia. Artikel disampaikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak. Beberapa artikel di dunia Tekno adalah : Tips Berteman di Jejaring Sosial dengan Aman, Intip Jurus Anti Pegal Saat Main Tablet!

 

III. PENGATURAN

 

Untuk memulai pengaturan, kita diminta untuk memasukkan kata sandi orang tua terlebih dahulu. Dalam menu pengaturan terdapat fitur unggulan :

  1. Laporan penggunaan. Aplikasi ini akan memantau aplikasi apa saja yang sering digunakan dan berapa lama digunakan. Jadi orang tua bisa melihat laporan penggunaan dan bisa dikirim ke email setiap tanggal 1 tiap bulannya.
  2. Akses dan proteksi. JIka aplikasi ini diaktifkan maka orang tua dapat mengendalikan setiap aplikasi yang akan diunduh oleh anak, karena untuk mengunduh di zona bermain harus memasukkan password orang tua terlebih dahulu.
  3. Profil pengguna. Akan terlihat profil orang tua, profil anak dan juga perkembangan dari latihan soal yang sudah dikerjakan anak.
  4. Tentang Aplikasi. Di sini akan terdapatpenjelasan tentang pembaruan soal latihan, tentang aplikasi, kontak acer Indonesia, panduan aplikasi dan feedback pengguna.

 

PENGALAMAN BERSAMA ANAK CERDAS

 

icon

Saat mengetahui bahwa aplikasi android ini juga memiliki fitur-fitur yang memastikan keamanan anak saat bermain dan belajar dengan gadgetnya, aku langsung tertarik dan mengunduh aplikasi Anak Cerdas ini untuk anakku.

 

 

 

Pertama kali aku mencoba aplikasi ini di smarthponeku sendiri dan kuperlihatkan pada Alicia, anakku yang paling kecil. Eh ternyata dia suka dan asyik banget mainnya. Sebentar-sebentar hp ku di pinjamnya untuk mainan.

cheese hunt

 

Aku mencoba download game “Cheese Hunt” untuk Alicia. Masih banyak lagi permainan lainnya, dengan pendampingan orang tua, tinggal pilih game yang disukai anak.

Alicia yang duduk di kelas 5 SD ini ternyata lebih suka bagian edukasi. Pertama kali yang dicobanya adalah matematika, dia senang karena tidak ada target waktu sehingga bisa mengerjakannya tanpa terburu-buru, apalagi selesai mengerjakan masih bisa diperiksa dan dibetulkan jika ada yang salah. Selesai, dan hanya salah satu, wow senangnya bukan main. Akhirnya dia bolak-balik mencoba mata pelajaran kelas 5 yang ada di situ, Matematika, Sains, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Nah kedua kakak Alicia yang duduk di kelas 7 dan 8 jadi ingin mencoba juga. Sayang sekali untuk yang tingkat SMP tidak ada, jadilah mereka kubuatkan profil kelas 6 SD agar mereka bisa ikut mencoba juga, meski yang dijawab soal-soal tingkat SD haha 😀 Mereka senang sekali.

 

Kapasitas profil anak memang ada 3, jadi pas dengan jumlah anakku yang 3 orang.

profil anak

 

 

 

 

Karena mereka suka, akhirnya aku unduh juga di tablet Acer kesayangan Alicia. Asyik, lebih seru karena layarnya lebih besar dibanding hp.

 

 

 

Kelebihan  Aplikasi Anak Cerdas:

  1. Anak-anak bisa bermain dan belajar secara aman dan menyenangkan, orang tua tidak perlu cemas lagi karena untuk unduh aplikasi harus memasukkan password orang tua.
  2. Orang tua bisa memantau aplikasi apa saja yang sudah diunduh anak ataupun memantau perkembangan anak dalam mengerjakan soal-soal latihan.
  3. Anak-anak bisa mengerjakan latihan soal sesuai kelasnya masing-masing dalam berbagai pelajaran secara menyenangkan. Tersedia juga kunci jawaban jika ada yang tidak dimengerti.
  4. Desain yang dominan hijau cerah dan tampilan gambar yang lucu sangat fresh dan sangat menarik.

 

Saran: mungkin aplikasi ini bisa dikembangkan untuk anak remaja dengan permainan dan soal-soal latihan yang sesuai untuk umur 13 – 15 tahun. Selain itu akan sangat menyenangkan apabila aplikasi ini juga bisa diunduh untuk OS selain android.

 

Video sederhanaku :

http://youtu.be/AB-hIrO-JXg

 

Dengan aplikasi anak cerdas, anak-anakku bisa bermain dan belajar secara aman dan menyenangkan. Yuk download aplikasi Anak Cerdas dari Acer Indonesia sekarang juga biar anak-anak kita bertambah cerdas.

 

Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog aplikasi Anak Cerdas kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia.

 

Word : 998

22 Comments

  1. Idah Ceris May 1, 2014
    • Lianny May 4, 2014
  2. Lidya May 2, 2014
    • Lianny May 4, 2014
  3. dwina May 3, 2014
    • Lianny May 4, 2014
  4. Nia Haryanto May 5, 2014
    • Lianny May 8, 2014
  5. suria riza May 6, 2014
    • Lianny May 8, 2014
  6. Inna Riana May 7, 2014
    • Lianny May 8, 2014
  7. moocensusan May 7, 2014
    • Lianny May 8, 2014
  8. Pingback: Pemenang Lomba Blog Aplikasi Anak Cerdas Acer dan KEB May 19, 2014
  9. Astin May 20, 2014
    • Lianny May 31, 2014
  10. Oline May 21, 2014
    • Lianny May 31, 2014
  11. hanari July 5, 2014
  12. Fiorello June 4, 2015
  13. vivo August 27, 2015
    • Lianny August 27, 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.